Pemkot Blitar Berencana Bangun Pasar Sayur di Samping Selatan Terminal Patria

Pemkot Blitar berencana membangun pasar sayur di bekas tanah bengkok Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan.

Pemkot Blitar Berencana Bangun Pasar Sayur di Samping Selatan Terminal Patria
SURYA/DONI PRASETYO
Sayuran kol atau kobis yang diawetkan dengan semen putih untuk menjaga kesegaran di Pasar Sayur, Magetan, Senin (19/3/2018). 

 TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Pemkot Blitar berencana membangun pasar sayur di bekas tanah bengkok Kelurahan Rembang, Kecamatan Sananwetan. Pasar sayur ini rencananya untuk menampung pedagang sayur di Pasar Templek.

"Rencananya seperti itu, pedagang sayur di Pasar Templek akan kami bangunkan pasar di sana (Kelurahan Rembang). Mudah-mudahan bisa terealisasi pada 2019," kata Wakil Wali Kota Blitar, Santoso, Rabu (3/10/2018).

Sesuai rencana, lokasi pasar sayur berada persis di selatan Terminal Patria di Kelurahan Rembang. Pemkot Blitar memiliki aset bekas tanah bengkok di wilayah itu. Sekarang, kondisi bekas tanah bengkok itu belum dimanfaatkan.

"Pasar Templek tetap kami kembalikan fungsinya seperti semula. Yang dipindah ke pasar sayur hanya pedagang sayur saja," ujar Santoso kepada Tribunjatim.com.

Video Gunung Soputan Keluarkan Lava dari Kawah Beredar di Medsos, BNPB: Hoax!

Santoso mengatakan pembangunan pasar sayur untuk menata pedagang sayur lesehan yang ada di Pasar Templek. Pedagang sayur lesehan ini biasa berjualan di badan jalan depan Pasar Templek. Kondisi itu sering membuat arus lalu lintas di lokasi macet.

"Kalau pagi hari banyak pedagang sayur yang berjulan di jalan depan Pasar Templek. Nanti mereka kami tampung di pasar sayur. Lalu lintas di Pasar Templek biar tidak macet," ujarnya kepada Tribunjatim.com.

Wakil Ketua DPRD Kota Blitar, Totok Sugiarto mengatakan Pemkot Blitar memang ada rencana membangun pasar sayur di selatan Terminal Patria.

Pemkot sudah sempat membahas rencana pembangunan pasar sayur dengan DPRD. Pembangunan pasar itu untuk menampung pedagang sayur di Pasar Templek.

"Rencananya, pembangunan pasar sayur dilaksanakan tahun depan (2019)," katanya.

Meski sudah membangun pasar sayur, kata Totok, kondisi Pasar Templek tetap harus dipertahankan. Pemkot Blitar harus menata ulang Pasar Templek agar lebih rapi. Menurutnya, Pasar Templek sudah menjadi salah satu ikon pasar tradisional di Kota Blitar.

BREAKING NEWS - Polda Jatim Tangkap Wanita Pengunggah Informasi Hoax Gempa di Pulau Jawa

"Banyak warga yang senang berbelanja di Pasar Templek karena lokasinya di pinggir jalan. Warga bisa belanja tanpan harus turun dari sepeda motor," ujar Totok.

Untuk itu, Totok mengusulkan agar Pasar Templek dijadikan pasar drive thru. Pembeli yang ingin belanja tidak perlu memarkir sepeda motor. Pembeli bisa belanja di atas kendaraan.
"Pemkot tinggal menata tempat berjualan dan melebarkan jalan di lokasi. Pedagang lesehan di pinggir jalan juga harus dibersihkan dipindah ke pasar sayur," katanya. (Tribunjatim.com/Sha)

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved