Breaking News:

Bambang Haryo Kritisi Pembangunan Tol Sumo yang Dinilai Tak Penuhi Standar

Anggota DPR RI Komisi V, Bambang Haryo, mengkritisi pembangunan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) yang dinilai tidak sesuai standar.

SURYA/AFLAHUL ABIDIN
Salah satu ruas jalan Tol Surabaya-Mojokerto 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Anggota DPR RI Komisi V, Bambang Haryo, mengkritisi pembangunan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) yang dinilai tidak sesuai standar.

Menurut Bambang, jika mengacu pada standarisasi, Tol Sumo yang menggunakan konstruksi rigid pavement atau jalan cor di atasnya harus diaspal setebal 5 centimeter.

Sedangkan di Tol Sumo sendiri tidak menerapkan standarisasi tersebut.

Kapolres Tulungagung Sudah Keluar Dari RS Bhayangkara Surabaya

"Banyaknya korban kecelakaan di Tol Sumo ini jelas kesalahan konstruksi jalan, bukan kelalaian pengguna jalan. Lihat saja, jalan yang menggunakan konstruksi rigid pavement atau jalan cor pasti sangat membahayakan. Semakin lama dilintasi, jalan itu akan semakin tajam, belum lagi kena hujan pasti akan licin," kata Bambang saat melakukan kunjungan di Regional Traffic Management Centre (RTMC), Ditlantas Polda Jatim, Jumat (5/10/2018).

Politisi Partai Gerindra, Bambang Haryo
Politisi Partai Gerindra, Bambang Haryo (TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI)

Data dari RTMC Polda Jatim yang didapat politisi Partai Gerindra ini, tercatat selama tahun 2017, sudah ada 61 kecelakaan.

Mobil Toyota Avanza Ringsek seusai Ditabrak Kereta Api di Perlintasan Margorejo Surabaya

Kondisi Terkini Jorge Lorenzo usai Insiden Kecelakaan saat Latihan Bebas Kedua MotoGP Thailand 2018

"Dari kecelakaan itu, 95 persen karena pecah ban. Sedangkan di Bulan September 2018, tercatat 12 kecelakaan termasuk kecelakaan yang melibatkan Kapolres Tulungagung yang menelan dua nyawa," beber Bambang.

Untuk itu, Bambang meminta agar Menteri PU dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) segera memperbaiki konstruksi tersebut agar tidak semakin banyak korban jiwa.

"Menteri PU dan BPJT dan pengelola adalah orang yang paling bertanggung jawab. Harus ada perbaikan yang dilakukan. Jika tidak, saya akan permasalahkan ini," tegasnya.

Persela Lamongan Vs PSIS Semarang, Laskar Mahesa Jenar Berhasil Tahan Imbang Tuan Rumah 1-1

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved