Gandeng Marketplace, Gubernur Soekarwo Harapkan Jatim Fair 2018 Dorong UMKM Tumbuh 10 Persen

Gubernur Jatim, Soekarwo mengatakan, tahun ini pihaknya melibatkan marketplace seperti BukaLapak untuk mendorong pelaku UMKM masuk ke ekonomi digital

Gandeng Marketplace, Gubernur Soekarwo Harapkan Jatim Fair 2018 Dorong UMKM Tumbuh 10 Persen
TRIBUNJATIM.COM/ARIE NOER RACHMAWATI
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (kiri) bersama Gubernur Jawa Timur Seokarwo (tengah) disela-sela kegiatan Jatim Fair 2018 di Grand City Surabaya, Selasa (9/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Arie Noer Rachmawati

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur menargetkan kinerja Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jatim rata-rata bisa tumbuh sampai 10 persen.

Ini sejalan dengan upaya pemerintah mendorong promosi produk-produk dari UMKM melalui gelaran Jatim Fair di Grand City Convention Surabaya, pada 9-14 Oktober 2018.

Gubernur Jatim, Soekarwo mengatakan, tahun ini pihaknya melibatkan marketplace seperti BukaLapak untuk mendorong pelaku UMKM bisa masuk ke ekonomi digital.

"Ini bagian dari strategi memperluas pasar, di mana ada barang, seller, dan buyer bisa ketemu untuk transaksi," katanya disela-sela pameran di Grand City Convention Hall, Selasa (9/10/2018).

Update Klasemen Asian Para Games 2018 - Indonesia Peringkat ke-6, Kumpulkan 33 Medali

Pakde Karwo, sapaan akrabnya menuturkan, UMKM yang masuk sistem ekonomi digital diyakini bisa memotong mata rantai perdagangan, serta memperpendek proses penjualan sehingga lebih efisien dan ongkos lebih hemat.

"Harapannya pelaksanaan Jatim Fair kali ini bukan hanya target penjualan selama pameran saja, tetapi juga transaksi penjualan UMKM yang berkelanjutan ke depannya," ujarnya.

Pakde Karwo menambahkan, pada tahun 2012, jumlah UMKM Jawa Timur mencapai 6,8 juta.

Lalu pada 2017 tercatat jumlah UMKM Jawa Timur tumbuh menjadi 12,71 juta UMKM. 

Sebanyak 7,5 juta di antaranya merupakan UMKM di sektor agro, dan 4,6 juta berada di sektor non agro.

Imunisasi Difteri Tahap Dua di Jatim Capai Target, Tapi Cakupannya Belum Merata

"Sedangkan yang sudah siap masuk pasar digital sudah mencapai 1 juta 294 ribu UMKM. Ini akan kita dorong terus yang belum masuk sistem digital," tambahnya.

Sementara itu, di tengah kondisi melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, menurut Pakde Karwo. justru ini menjadi solusi sekaligus kesempatan bagi UMKM. 

Karena bisa melakukan ekspor dan mempromosikan produk-produk ke pasar mancanegara.

Penulis: Arie Noer Rachmawati
Editor: Ani Susanti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved