Jumlah UMKM di Jatim Tembus 12,1 Juta, Pakde Karwo Galakkan Online Market Place

Gubernur Jatim Pakde Karwo menggalakkan Online Market Place, seiring jumlah UMKM di Jatim yang saat ini mencapai 12,1 juta.

Jumlah UMKM di Jatim Tembus 12,1 Juta, Pakde Karwo Galakkan Online Market Place
TRIBUNJATIM/SOFYAN ARIF CHANDRA SAKTI
Gubenur Jatim Soekarwo dan Nina Soekarwo bersama Mendag Enggartiasto Lukita saat Pembukaan Jatim Fair, di Grand City Convex, Surabaya, Selasa (9/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubenur Jatim Soekarwo menyatakan online market place mempunyai potensi yang besar untuk perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) baik di Jatim maupun secara nasional.

Hal tersebut ditegaskan Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo saat membuka Jatim Fair, di Grand City Convex, Surabaya, Selasa (9/10/2018).

"Ini peluang besar, kita mempunyai 150 juta pengguna internet, 106 juta medsos, dan 92 juta pengguna sosial mobile," ucapnya.

Bupati Malang Rendra Kresna Jadi Tersangka KPK, Gubernur Pakde Karwo Langsung Bereaksi

Lewat Tangan Trio Kwek-Kwek, Wali Kota Pasuruan Setiyono Atur Semua Proyek untuk Dapat Fee

Untuk itu, saat ini Jatim sedang menggalakkan Jatim smart province yang membuka market place untuk menjembatani antara UMKM dan IKM dengan market place seperti Bukalapak, Tokopedia dan yang lain.

Hal itu dinilai penting, kata Pakde Karwo, karena berdasarkan sensus angka UMKM kita terus naik, pada tahun 2006 yang dipublikasikan tahun 2007 jumlah UMKM kita 4,2 juta lalu pada survei tahun 2012 yang dipublikasikan tahun 2013 naik menjadi 6,8 juta dan survei tahun 2016 yang dipublikasikan tahun 2017 naik ke angka 12,1 juta UMKM.

Kondisi Tak Menentu, RAPBD Banyuwangi 2019 Turun Drastis Hingga Rp 851,9 Miliar

Untuk itu Jatim, Smart Province merupakan peluang besar untuk memasarkan UMKM IKM, jasa dan industri di Jatim.

"Dan saat ini sudah 1 juta 294 ribu UMKM yang siap masuk market place baik yang raw material (bahan baku) maupun produksi factory (pabrik)," tegas Pakde Karwo.

Gubernur Jatim dua periode yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) ini juga mengatakan, dirinya sudah memasukkan usulan online market place tersebut ke 14 provinsi.

"Semua menanggapi program ini penting dan nanti kita targetkan pada bulan Desember sudah masuk ke 34 provinsi," pungkasnya.

Kobaran Asmara Picu Pasutri Saling Tikam di Depan Anaknya, Hingga Keduanya Meregang Nyawa

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved