Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia Ciptakan Beton Tahan Gempa

Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) berhasil menciptakan beton yang tahan gempa.

Mahasiswa Universitas Internasional Semen Indonesia Ciptakan Beton Tahan Gempa
TRIBUNJATIM/SUGIYONO
AlumnI UISI Anggun Pratiwi Oktaviani jurusan Manajemen dan Eky Masbuchin dari jurusan Manajemen Rekayasa, usai wisuda, Selasa (9/10/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Mahasiswa alumni Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) di Gresik menciptakan material bahan bangunan yang tahan terhadap bencana alam gempa bumi. Bahan tersebut berupa beton geopolimer dari bahan bakar batu bara.

Dia adalah Eky Masbuchin (22), mahasiswa UISI yang baru diwisuda. Menurut Eky, pembuatan beton geopolimer ini memanfaatkan bahan baku fly ash (abu terbang) yang kebanyakan dari bekas bahan bakar batu bara.

"Selama ini banyak bekas bahan bakar batu bara belum dimanfaatkan baik sehingga bisa digunakan sebagai bahan baku beton geopolimer," ujarnya, Selasa (9/10/2018).

Ternyata, beton geopolimer tersebut mempunyai kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan beton batako biasa. Sehingga baik digunakan untuk pembangunan daerah bencana gempa bumi.

"Sebab mempunyai daya perekat yang kuat. Beton geopolimer kekuatannya bisa lebih baik dan mempunyai ikatan polimer yang lebih bagus," jelas peraih IPK terbaik kedua yaitu 3.83 ini.

Menurut mahasiswa jurusan Manajemen Rekayasa ini, beton geopolimer berbahan baku fly ash sangat ramah lingkungan sebab material cepat merekat dan tidak pakai air.

"Geopolimer kualitasnya lebih baik dari beton konvensional. Karena dia ikatannya tidak pakai air, tapi menggunakan rekat kimianya. Sehingga cocok untuk daerah gempa bumi," imbuh pria asal Desa Gumeno, Kecamatan Manyar, Gresik ini.

Dalam wisuda ini, UISI meluluskan 115 mahasiswa dalam Sidang Senat Terbuka Wisuda Kedua di Gedung Wisma A Yani. Terdiri dari 72 jurusan Manajemen dan 43 jurusan Manajemen Rekayasa. (Sugiyono)

Penulis: Sugiyono
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved