Aksi KPK di Jatim

Serahkan SK Plt Pengganti Bupati Rendra yang Ditahan KPK, Pakde Karwo Beri Pesan Serius nan Krusial

Gubernur Pakde Karwo memberi pesan serius nan krusial, saat menyerahkan SK Plt Pengganti Bupati Malang Rendra Kresna yang ditahan KPK.

Serahkan SK Plt Pengganti Bupati Rendra yang Ditahan KPK, Pakde Karwo Beri Pesan Serius nan Krusial
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Bupati Malang Rendra Kresna (rompi tahanan) berjalan dari lobi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (15/10/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Setelah Bupati Malang Rendra Kresna ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Mendagri langsung menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Malang. Yang ditunjuk Plt adalah Wakil Bupati Malang Sanusi yang selama ini mendampingi Rendra.

Penyerahan SK Plt Bupati Malang oleh Gubernur Jatim Soekarwo kepada Sanusi, telah dilaksanakan di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (16/10/2018) siang.

"Segera tuntaskan APBD 2019 sesuai batas akhir 15 Desember nanti," pesan Pakde Karwo, usai menyerahkan SK Plt Bupati Malang.

Berbalut Haru Disaksikan Anaknya, KPK Tahan Bupati Malang Rendra Kresna & Pengusaha yang Menyuapnya

Rendra Kresna Ditahan KPK, Gubernur Jatim Soekarwo Langsung Tunjuk Plt Bupati Malang

Kode Rahasia Muluskan Praktek Korupsi di Indonesia Terus Berganti, Ini Daftar Kode yang Diungkap KPK

Selain itu, Pakde Karwo juga meminta agar Plt Bupati Malang Sanuai segera menyusun langkah mempercepat laju roda pemerintahan yang terhambat saat Bupati Malang Rendra ditetapkan tersangka dugaan dana DAK. 

"Jika perlu menetapkan Plt staf atau kepala dinas silakan konsultasikan ke Bupati. Kalau tidak kemungkinan bisa ke pimpinan dewan dan bisa ke saya. Apa pun, layanan kepada masyarakat jangan mandek," tegasnya. 

Khusus untuk urusan yang tidak bisa ditunda harus diselesaikan di lingkungan Pemkab Malang. Yakni pencairan gaji pegawai, membayar telepon dan listrik, perjalanan dinas serta kebutuhan mendesak lain. 

Terjerat Kasus Dugaan Suap & Gratifikasi, Rendra Kresna Kepala Daerah ke-98 yang jadi Tersangka KPK

Pelaku Penyerangan Desa Suruhan Lor Tulungagung Tak Kunjung Ditangkap, Pagar Nusa Kecewa sama Polisi

"Ini hal mendesak yang harus segera diselesaikan. Baru kemudian APBD 2019 harus sudah harus disahkan dan didok pada 15 Desember nanti," kata Gubernur Jatim dua periode ini.

Sementara itu, Plt Bupati Malang yang sebelumnya Wakil Bupati Malang Sanusi saat ditemui usai menerima SK, mengatakan, psikologi birokrasi di Pemkab Malang tengah diuji. Sanusi akan mengawasi ketat setiap layanan kepada masyarakat.

"Saya minta semua staf harus mempercepat layanan kepada masyarakat. Mempercepat perizinan. Saya akan pantau langsung bersama Inspektorat," ucapnya. 

Rendra Kresna Diduga Terima Gratifikasi Rp 3,45 miliar, KPK Telisik Harta Bupati Malang Dua Periode

Terungkap, Sebelum Rendra Kresna ke Jakarta & Ditahan KPK, Dia Sudah Beri Wasiat Khusus ke Wakilnya

Bagaimana jika nanti dalam perkembangannya ada staf atau kepala dinas yang dijadikan saksi atau malah menjadi tersangka? Sanusi mengaku akan mengikuti proses hukum yang ada. (Nuraini Faiq)

Penulis: Nuraini Faiq
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved