Breaking News:

Hari Santri 2018

Ribuan Santri dan Alumni Ponpes Bata-Bata Pamekasan Lakukan Salat Minta Hujan

Ribuan santri dan alumni Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaul Ulum Bata-Bata, Desa Panaan, Kecamatan Palengaan, Pamekasan, menggelar salat istiqa,

Penulis: Muchsin Rasjid
Editor: Yoni Iskandar
muchsin/surya
Ribuan santri dan alumni Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata, Palengaan, Pamekasan, terlihat khusus salat minta hujan. 

 TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN – Ribuan santri dan alumni Pondok Pesantren (Ponpes) Mambaul Ulum Bata-Bata, Desa Panaan, Kecamatan Palengaan, Pamekasan, menggelar salat istiqa, di halaman Ponpes Mambaul Bata-Bata, Senin (22/10/2018).

Salat istisqa yang selama ini dikenal dengan salat meminta hujan ini, lantaran musim kemarau yang menerpa negeri ini, yang berimbas juga ke Madura, khususnya Pamekasan, sehingga santri dan alumni ponpes ini melakukan salat istisqa dengan imam KH Muzammil Imron.

Mereka yang akan salat istisqa berbondong-bondong dari berbagai daerah, termasuk dari luar Pamekasan. Sebabian ada yang membawa sajadah, bahkan ada yang membawa ayam dan kambing, yang dinilai sebagai salah satu syarat untuk menggelar salat istisqa.

Sukses Kalahkan Persib, Djanur Tak Jamin Formasinya Bakal Sama Saat Persebaya Hadapi Madura United

Mohammad Soleh, salah seorang santri dan Anis Billah, alumni Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata, mengatakan, jumlah jamaah yang salat istisqa luar biasa banyaknya. Mereka semua antusias dan khusuk dalam memohon kepada Allah agar Pamekasan ini cepat turun hujan.

“Rupanya dalam salat istisqa ini, tidak hanya diikuti santri. Namun juga ratusan alumni ikut berpartisipasi. Dan selama musim kemarau tahun ini, kami sudah dua kali menggelar salat istisqa, tempatnya di sini juga. Namun jumlahnya lebih banyak kali ini,” kata Anis Billah pada TribunJatim.com.

Menurut Anis Billah, kemarau tahun ini mengakibatkan kekeringan yang tidak hanya terjadi di beberapa daerah, juga termasuk di Pamekasan, membuat air sumur kering dan mengalami krisis air bersih, yang berdampak juga pada kondisi di lingkungan ponpes.

IFI Surabaya Gandeng La Nyalla Academia Gelar Baksos dan Layanan Kesehatan Gratis

Kepala Seksi (Kasi) Ubudiyah, Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata, Ustad Asroruddin, mengatakan, salat istisqa sebagai wujud kepasrahan diri kepada Allah SWT sehingga patut dilakukan, mengingat dampak kemarau yang cukup panjang ini, telah menimbulkan kesengsaraan bagi sebagian warga masyarakat khususnya para santri.(sin/TribunJatim.com).

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved