Komplotan Pembobol ATM Bermodal Tusuk Gigi Beraksi di Sidoarjo dan Surabaya

Komplotan pembobol ATM asal Lampung yang tertangkap di Sidoarjo ternyata sudah beraksi di berbagai wilayah. Termasuk di Surabaya, Sidoarjo, Gresik

Komplotan Pembobol ATM Bermodal Tusuk Gigi Beraksi di Sidoarjo dan Surabaya
SURYA/M TAUFIK
Para tersangka pembobol ATM yang ditangkap Polresta Sidoarjo, Rabu (31/10/2018). 

TRIBUNJATIM.COM,SIDOARJO - Komplotan pembobol ATM asal Lampung yang tertangkap di Sidoarjo ternyata sudah beraksi di berbagai wilayah. Termasuk di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan berbagai lokasi lain.

Mereka selalu mengincar ATM yang berada di lokasi sepi. Seperti saat terkahir sebelum tertangkap, mereka menggasak korban saat transaksi di ATM yang berada di Indomaret Perumahan Puri Surya Jaya.

"Petugas masih melakukan penyelidikan, untuk memastikan di mana saja para pelaku ini pernah beraksi," kata Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol Muhammad Harris pada TribunJatim.com, Rabu (31/10/2018).

Dalam beraksi, para bandit itu datang ke lokasi dengan mengendarai mobil Toyota Agya putih nopol B 1268 XX. Sesampai di lokasi, mereka lantas memasang tusuk gigi ke dalam mulut mesin ATM.

Maia Estianty Menikah, Sang Ibunda Tulis Pesan Menyentuh, Kesabaranmu Mendapatkan Hadiah Indah

Keempat pelaku memiliki peran masing-masing. Satu pelaku tugasnya memasang tusuk gigi, kemudian dua pelaku lain bertugas menunggu korban dan memerhatikan jenis ATM yang hendak dipakai transaksi.

Satu pelaku bertugas pura-pura menolong korban yang ATM-nya tidak bisa masuk.

"Pelaku ini yang menukar ATM korban dengan kartu ATM lain yang sudah disiapkan," lanjut Harris pada TribunJatim.com.

Pelaku membawa ATM korban, kemudian menghafal nomor PIN dengan memerhatikan korban yang berulang kali memasukkan nomor PIN-nya sampai akhirnya kartu tertelan mesin lantaran kartu lain yang dimasukkan oleh pelaku.

Beraksi di Sidoarjo dan Kuras Uang Puluhan Juta, Komplotan Pembobol ATM Asal Lampung Dibekuk Polisi

Dari situ, pelaku menyarankan korban segera lapor bank karena kartu ATM tertelan mesin. Di sisi lain, para bandit yang sudah membawa ATM korban dan mengetahui nomor PIN-nya langsung menguras isi ATM tersebut.

Nah saat ke bank dan mengetahui rekeningnya terkuras habis, korban kemudian melapor ke Polresta Sidoarjo.

Berdasar laporan korban, polisi berhasil menangkap para bandit itu di sebuah penginapan di Sedati, Sidoarjo. Ada empat pelaku yang ditangkap polisi.

Mereka adalah Feri Yandi (28) warga Desa Tanjungan, Kecamatan Katibung, Bandar Lampung atau kontrak di Ceger Kota Jakarta Timur; Joni Suhaimi (30) warga Jl Imam Bonjol, Langka Pura, Bandar Lampung.

Serta Sandi (29) warga Dusun Tanjung Agung I, Desa Tanjung Agung Kecamatan Katibung, Lampung Selatan; dan Rusdi Ali (27) warga Desa Menggala Tengah Kecamatan Menggala, Tulang Bawang, Lampung.(ufi/TribunJatim.com)

Penulis: M Taufik
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved