Dukung Kebijakan Perlindungan Anak, DPRD Batu Usulkan Raperda Kota Layak Anak di Kota Batu 

Pengajuan Raperda ini juga untuk mendukung kebijakan nasional terhadap perlindungan anak.

Penulis: Sany Eka Putri | Editor: Ayu Mufihdah KS
KOMPAS.com/TAUFIQURRAHMAN
Siswa SD di Pamekasan saat mengikuti upacara bendera. 

TRIBUNJATIM.COM, BATU - DPRD Kota Batu melalui Badan Legislasi (Baleg) mengajukan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kota Layak Anak.

Ketua DPRD Batu, Cahyo Edi Purnomo mengatakan pengajuan Raperda ini juga untuk mendukung kebijakan nasional terhadap perlindungan anak.

Dikatakannya, Raperda yang dibuat sesuai dengan ketentuan Undang Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak untuk diimplementasikan.

"Hal ini kan sudah menjadi kewajiban serta tanggungjawab Pemerintah daerah untuk mewujudkan Kota Layak Anak. Apalagi Kota Batu sudah mendapatkan predikan Kota Layak anak, nah harus didukung dengan Perda," kata Cahyo, Kamis (1/11/2018).

Bantah Barang Selundupan, Rutan Klas 1 Surabaya Sebut Temuan Sajam di Kamar Tahanan dari Karya Napi

Ia menjelaskan kalau dalam perda itu nantinya mencakup tentang nondiskriminasi, kepentingan terbaik bagi anak, hak hidup, kelangsungan hidup dan perkembangan, serta menghargai pandangan anak.

Namun terkait dengan kelanjutan Raperda tersebut, Cahyo Edi Purnomo enggan membeberkan secara keseluruhan.

"Masih dalam proses pandangan dari fraksi-fraksi. Setelah itu masih banyak lagi nanti, sebelum pada akhirnya akan kami bahas dalam Paripurna," ujar dia.

Tak Dimanfaatkan Lagi, KPU Kota Malang Akan Lelang Ribuan Kotak Suara

Sementara itu, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menambahkan, tentu dengan adanya Perda Kota Layak anak ini akan memperketat lagi tentang perlindungan terhadap anak-anak di Kota Batu.

Terlebih Kota Batu sudah 6 kali berturut-turut mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak.

"Ya dari Pemerintah Kota Batu setuju jika diadakan Perda kota layak anak. Agar perlindungan terhadap anak-anak di Kota Batu ini ada peraturannya," kata Punjul.

Ditanya terkait apa saja fasilitas yang sudah diberikan oleh Pemkot Batu terhadap anak-anak di Kota Batu, ia menyebut ada beberapa fasilitas, seperti taman di Kota Batu yang diberikan fasilitas bermain.

OJK Malang Beri Tips Warga Agar Tak Tertipu Produk Janji Manis Investasi Bodong, Mudah Banget!

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved