Uang Hasil Pembobolan ATM di Mojokerto Digunakan Para Perampok untuk Foya-foya di Surabaya

Usai berhasil menggasak uang tunai berjumlah Rp 637,7 juta dari mesin ATM di Mojokerto yang mereka bobol, ke empat perampok kembali ke Surabaya

Uang Hasil Pembobolan ATM di Mojokerto Digunakan Para Perampok untuk Foya-foya di Surabaya
SURYA/M TAUFIK
Para tersangka pembobol ATM yang ditangkap Polresta Sidoarjo, Rabu (31/10/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Usai berhasil menggasak uang tunai berjumlah Rp 637,7 juta dari mesin ATM yang mereka bobol, ke empat Perampok kembali ke Surabaya untuk berfoya-foya. Mereka mengunjungi tempat hiburan malam di kawasan Jemursari, Surabaya Rabu, (31/10).

Mereka kaya mendadak, bagaimana tidak ketiga tersangka itu dibagi oleh Yudianto otak pembobolan uang berjumlah puluhan juta. Ratno mendapatkan Rp 80 juta, Andi Pranoto Rp 50 juta, dan Irfan Feri Nugroho Rp 20 juta.

"Sisanya dibawa oleh tersangka Y (Yudianto) kami berhasil mengamankan barang bukti uang sebesar Rp 55 juta," kata Kapolres Mojokerto AKBP Leonardus Simarmata, Kamis (1/11).

Tak hanya digunakan untuk berfoya-foya salah satu tersangka Ratno bahkan membelikan kekasih gelapnya kalung seharga Rp 1.3 juta.

Kuras Lebih Setengah Miliar isi ATM di Mojokerto, Komplotan Ratno Ditangkap saat Dugem di Surabaya

"Sebenarnya uang itu saya gunakan untuk biaya anak sekolah dan modal kerja," aku Ratno.

Sementara itu, Andi Pranoto terpaksa meng-iyakan ajakan Yudianto lantaran dia terbelit hutang. Dia juga mengaku baru pertama kali melakukan tindak kejahatan khususnya pembobolan ATM.

"Saya tiba-tiba diajak bobol. Saya terbelit hutang makanya saya mau. saya hanya diluar mengawasi," pungkasnya lirih dengan mata berkaca-kaca.

Pertama kali yang mengetahui telah terjadi pembobolan mesin ATM BCA adalah pegawai minimarket Jalan Raya Trowulan, Desa Watesumpak, Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Pembobolan itu diketahui keesokan harinya sekira pukul 08.00. Sesaat setelah membuka pintu minimarket dia terkejut melihat ATM BCA itu rusak.

Jambret Ponsel Wanita di Dashboard Motor, Pria Asal Bubutan Surabaya Diamankan Polisi

Tersangka melakukan pembobolan pada pukul 00.00 Jumat (19/10).

Kemudian, pegawai tersebut melaporkan aksi pencurian ini ke Polsek Trowulan. Petugas langsung merespon laporan tersebut lalu mendatangi tempat kejadian perkara (TKP).

Ditempat kejadian petugas kepolisian menemukan Di samping kanan minimarket, pihaknya menemukan sebuah kacamata warna hitam yang diduga dipakai pelaku saat mengelas kotak uang di mesin ATM. Selain itu juga menemukan sebuah botol berisi air minum yang diduga untuk mendingankan alat las. (Nen/TribunJatim.com)

Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved