Inilah Andalan Smart City Kota Batu

Kota Batu memiliki tiga aplikasi andalan yang sudah dibuat dan sudah dipublikasikan untuk masyarakat Kota Batu selama ini.

Inilah Andalan Smart City Kota Batu
Surya/Sany eka putri
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, didampingi Plt Sekda Batu Achmad Suparto saat memantau jalannya tes peserta pendaftar Smart City di UMM, Senin (21/8). 

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Pemkot Batu telah lama mencangankan smarcity. Kota Batu memiliki tiga aplikasi andalan yang sudah dibuat dan sudah dipublikasikan untuk masyarakat Kota Batu selama ini.

1.Bagaimana Konsep Smart City yang ibu usung di Kota Batu?

- Konsep Smart City ini ialah program teknologi yang akan mendorong potensi wisata alam dan pertanian. Saya mengakui jika petani di Kota Batu masih sulit menghadapi para tengkulak yang membuat harga panen jadi turun. Dengan adanya program ini, diutamakan membantu petani terbebas dari tengkulak, sehingga mampu menjual hasil panennya secara langsung ke pembeli. Selain itu, kami juga memberikan ruang untuk pelayanan publik, seperti keluhan masyarakat. Serta memberikan informasi tentang pemerintahan.

2. Bidang apa saja yang akan menjadi prioritas mengembangkan smart city?
- Semua instansi harus terintegrasi dengan program ini. Semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) harus terintegrasi dengan program ini. Karena apa, karena program canggih ini mencakup semua bidang. Baik itu pertanian, pariwisata, lingkungan hidup, semua ada.

3. Berapa anggaran untuk program ini?

- Program ini direncanakan tahun 2017, sehingga menggunakam anggaran APBD 2017. Sebesar Rp 9 Miliar lebih. Kami tidak main-main dengan program ini. Program Smart City ini, namanya saja sudah Smart City, pengguna juga harus smart harus pandai. Akan ada banyak manfaat dari program ini, fungsinya sangat luas. Terutama bermanfaat untuk petani di Kota Batu.

Hingga Napas Terakhirnya, Pretty Asmara Bersikukuh Dirinya Tak Bersalah: Gue Akan Pulang

4. Tolong jelaskan ada apa saja dalam program Smart City ini.

- Kami ada tiga aplikasi, Among Tani, Among Warga, dan Among Kota. Dan semua bisa didownload di gawai masing-masing.

5. Apa saja hasil dari penerapan Smart City di Kota Batu?

- Tahun 2018 ini Program Smart City Kota di Kota Batu mendapatkan penghargaan Indonesia Smart Nation (ISNA) Award dalam 1st Runner Up Smart Branding kategori Smart City. Smartcity Kota Batu menerima penghargaan ISNA tahun 2018 sebagai salah satu daerah dengan peringkat terbaik pada 7 kategori penghargaan. Yaitu Smart Readiness, Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, Smart Environment dimana masing-masing terdiri dari 3 daerah nominasi. Penghargaan itu diberikan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya kepada Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai (BSD) Tangerang, pada Kamis (3/5).

6. Apa yang diharapkan dari program Smart City ini?

- Ini masih tahap pertama Smart City. Ditahap selanjutnya kami menargetkan terus berbenah mana saja yang harus dievaluasi dan mana saja yang harus diperbaiki. Kami berharap mampu mengintegrasikan aplikasi-aplikasi yang ada terutama sistem berbasis elektronik. Yang diterima Kota Batu kategori berdasarkan kinerja pada dimensi smart city dan kesiapan smart city (smart city readiness).

7. Apa saja kendala yang dihadapi selama berjalannya program smart city?

Hingga Napas Terakhirnya, Pretty Asmara Bersikukuh Dirinya Tak Bersalah: Gue Akan Pulang

- Tidak ada kendala yang berarti, hanya saja kami harus menurunkan tim dari dinas pertanian. Karena sasaran utama kami ialah petani. Jadi harus menyediakan pendamping, tapi sudah ada kok petani yang menggunakan program ini. (sun)

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved