Polres Mojokerto Kota dan Tiga Stakeholder Membuat Inovasi Cashless Payment System

Polres Mojokerto Kota menggandeng tiga stakeholder yakni Bank BRI, T-Cash, dan GO-PAY melahirkan sebuah inovasi untuk membantu pelayanan publik. Inov

Polres Mojokerto Kota dan Tiga Stakeholder Membuat Inovasi Cashless Payment System
SURYA/MOHAMMAD ROMADONI
Kapolres Mojokerto Kota AKBP Sigit Dany Setiyono saat memantau jalur mudik rawan macet di perlintasan Kereta Api, Gunung Gedangan By Pass Mojokerto, Kamis (7/6/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Polres Mojokerto Kota menggandeng tiga stakeholder yakni Bank BRI, T-Cash, dan GO-PAY melahirkan sebuah inovasi untuk membantu pelayanan publik. Inovasi itu diberinama CPS (Cashless Payment System).

Dengan inovasi CPS, masyarakat atau pemohon tak lagi membayar dengan uang tunai ketika mengurus penerbitan SIM dan SKCK.

"Sistem pembayaran ini bertujuan untuk mempermudah masyarakat dan memberikan opsi bagi masyarakat dalam melakukan pembayaran secara lebih terbuka dan juga obyektif akuntable dan praktis," kata Kapolres Mojokerto Kota AKBP Sigit Dany Setiyono kepada TribunJatim.com, Senin (5/11/2018.

Sigit menambahkan, sistem pembayaran dengan CPS dapat menghindarkan dari potensi-potensi adanya tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme.

VIDEO: Lesty Kejora Menangis Saat Duet dengan Zainatul Hayat, Bocah yang Viral Karena Suara Merdunya

Sebab, sebelumnya, para pemohon harus membayar dengan uang tunai.

"Dulu harus tatap muka dan bayar cash karena tanpa bantuan teknologi informasi. Uang yang dibayarkan otomatis dipegang petugas. Peluang tindak pidana korupsi cukup besar. Dengan adanya pembayaran melalui perbankan dan cashless payment sangatlah tertutup. untuk bisa terjadi pungli potensinya sangat kecil," paparnya kepada TribunJatim.com .

Sigit menjelaskan, cara menggunakan sistem CPS. Menurutnya penggunaan sistem CPS tidaklah sulit. Para pemohon tinggal mendownload aplikasi stakeholder di Play Store maupun App Store.

"Saya berharap kepada seluruh masyarakat agar dapt menggunkan layanan ini sebaik-baiknya. karena dukungan dari masyarakat lah yang membuat inovasi ini berjalan dengan optimal," harapnya kepada TribunJatim.com.

Nissa Sabyan Histeris Saat Diberi Gitar Unik dan Langka oleh sang Paman, Ternyata Segini Harganya

Sementara itu, Heribertus Budi Aryanto General Manager Digital Product Area Expansion Jawa Bali Telkomsel mengatakan, pelanggan Telkomsel dapat membayar biaya penerbitan SIM dan SKCK melalui produk T Wallet.

"Pelanggan Telkomsel bisa mengunduh aplikasi T Wallet melalui App Store dan Play Store," katanya.

Heribertus menjelaskan cara melakukan pembayaran melalui T Wallet. Mula-mula pilih menu Snap QR Code di sudut kanan layar gawai. Kemudian mengarahkan kamera ke QR Code pada layar di loket pembayaran.

"Khusus pelanggan telkomsel akan mendapatkan cashback Rp 10.000 setalah melakukan pembayaran," pungkasnya. (Nen/TribunJatim.com)

Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved