Universitas Negeri Malang Gelar Workshop Game Pembelajaran, Gunakan Model Flipped Classroom

Universitas Negeri Malang adalah dengan menggunakan game yang bisa digunakan menggunakan handphone, terutama yang berbasis android.

Universitas Negeri Malang Gelar Workshop Game Pembelajaran, Gunakan Model Flipped Classroom
istimewa
Peserta Workshop di Universitas Negeri Malang 

 TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Adanya revolusi industri 4.0 akhirnya mempengaruhi pendidikan tinggi dalam melakukan pembelajaran.

Tantangan dalam menghadapi hal ini yaitu adanya distruptif teknologi, dimana dituntut untuk menggunakan media terkini untuk menciptakan hasil yang efektif dan efesien.

Salah satu cara yang dilakukan oleh Universitas Negeri Malang adalah dengan menggunakan game yang bisa digunakan menggunakan handphone, terutama yang berbasis android.

Game android yang digunakan ini akan memudahkan penggunanya, karena tanpa perlu menggunakan bahasa pemrograman atau coding.

“Dalam pembelajaran menggunakan game android ini fokusnya adalah bagaimana menjadikan pendidikan untuk meningkatkan kreatifitas, bukan kreatifitas untuk pendidikan. Sehingga harapannya kedepan dengan metode ini bisa digunakan dalam semua mata pelajaran,” tutur Saida Ulfa, S.T., M.Ed., Ph.D selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah dan Praktik Lapangan Universitas Negeri Malang.

Penggunaan model flipped classroom dalam workshop ini dianggap efektif untuk membantu para guru untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan perangkat android.

Daftar Harga Tiket Pertandingan Timnas Indonesia di Piala AFF 2018, dari Fase Grup hingga Final

Flipped classrom maksudnya sebelum hari H workshop, para peserta mengikuti kursus online.

“Jadi dalam model flipped classroom ini ada 56 jam course yang betul-betul dipantau selama 56 jam, sehingga pada hari H pelaksanaan workshop akan lebih maksimal. Nanti peserta mendapatkan sertifikat yang benar-benar 56 jam, bahkan proses sebenarnya bisa lebih dari 56 jam,” imbuh Saida Ulfa.

Perlu adanya inovasi-inovasi baru dalam penggunakan teknologi pembelajaran. Selama ini hanya menggunakan media konvensional, padahal masih banyak diluar hal tersebut yang bisa dimanfaatkan seperti game pembelajaran.

Universitas Negeri Malang ingin selalu melakukan pembaruan-pembaruan media pembelajaran.

Halaman
12
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved