Mengaku Cari Wanita Idaman yang Dikenal di Facebook, Pria Asal Irak Disidang di Bandung

Warga Kurdistan, Irak, Rawand Ahmed Ismael kini harus menghadapi prose hukum di Pengadilan Negeri Bandung.

Mengaku Cari Wanita Idaman yang Dikenal di Facebook, Pria Asal Irak Disidang di Bandung
TribunJabar
Rawand Ahmed Ismael (29), pria asal Irak yang disidang di Bandung karena overstay dan mengaku cari wanita yang dikenal di Facebook - TribunJabar 

TRIBUNJATIM.COM, BANDUNG - Warga Kurdistan, Irak, Rawand Ahmed Ismael kini harus menghadapi prose hukum di Pengadilan Negeri Bandung.

Kepala Sub Seksi Pengawasan Kantor Imigrasi Bandung, Aditia Mawardi menyatakana Rawand telah lakukan pelanggaran akibat visa over stay.

"Kasusnya over stay. Meski alasannya kehabisan uang, tetap salah. Harusnya, kalau kehabisan uang di negara orang, lapor ke Kantor Imigrasi, bilang saya over stay. Nanti solusinya bisa dideportasi, dipulangkan," ujar Aditia saat dihubungi via ponselnya, pada Rabu (14/11/2018).

Dalam kasus ini, Rawand mengaku datang ke Bandung untuk menemui dan berniat menikahi perempuan idamannya yang dia kenal di Facebook.

(Jelang Hadapi Persebaya, Bali United Dikabarkan Siapkan Aturan untuk Bonek Mania)

(Ikut Tinjau Proyek MERR Bersama Risma, KPK Sampaikan Pandangannya Tentang Kota Surabaya)

Dia bahkan memilih bekerja sebagai tukang sulam alis di kawasan Ujungberung Kota Bandung selama lebih dari satu bulan pasca visanya berakhir.

"Ini kan sudah visanya berakhir, enggak ada izin, kerja lagi. Harusnya ‎lapor imigrasi, minta dipulangkan. Kami kan bisa upayakan lewat Kedubes. Bukannya gara-gara cinta buta, jadi pembelaan," ujar Aditia.

Sedari awal, Kantor Imigrasi Bandung tidak berniat melanjutkan kasus ini hingga ke meja hijau, mereka sebenarnya bisa saja langsung memulangkan Rawand.

"Tapi yang bersangkutan (rawand) tidak ingin dipulangkan karena di Iraq sudah tidak punya keluarga. Makanya kami lanjutkan hingga ke pengadilan. Eh ternyata saat ditahan di kejaksaan, dia minta dipulangkan," ujar Aditia.

(Parkir di Atas Trotoar, Belasan Pengendara di Mojokerto Ditindak Petugas Gabungan)

(Produksi Dominan, DKP Kabupaten Malang Sebut Ikan Lele dan Nila Masih Jadi Favorit Masyarakat)

‎Oleh jaksa Kejari Kota Bandung, Rawand dituntut bersalah melakukan pelanggaran Pasal 122 Undang-undang Imigrasi dengan hukuman pidana penjara selama 7 bulan.

Kantor Imigrasi Bandung memastikan akan mendeportasinya.

"Jadi begini, jika yang bersangkutan sudah diputus pengadilan dan memiliki kekuatan hukum tetap, maka wajib untuk dideportasi. Sebelum deportasi, bisa masuk detensi dulu," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Cinta Belum Didapatkan di Bandung, Pria Irak Ini Akan Dideportasi, 

Editor: Hendra Gunawan

(Gelar Aksi Demo di Depan Grahadi, FSPI Tuntut Pemprov Jatim Selesaikan Disparitas Upah Pekerja)

(Produksi Dominan, DKP Kabupaten Malang Sebut Ikan Lele dan Nila Masih Jadi Favorit Masyarakat)

Editor: Anugrah Fitra Nurani
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved