Mendagri Tjahjo Kumolo Ingatkan Camat untuk Selalu Berkoordinasi dengan Kapolsek dan Danramil

Tjahjo Kumolo ingatkan tugas dan peran camat sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018.

Mendagri Tjahjo Kumolo Ingatkan Camat untuk Selalu Berkoordinasi dengan Kapolsek dan Danramil
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Mendagri, Tjahjo Kumolo (dua dari kanan) saat memimpin Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Camat Regional III di Hotel Shangri-La, Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Kamis (15/11/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo mengingatkan tugas dan peran camat sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan.

Hal tersebut diungkapkan Tjahjo Kumolo saat memimpin Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Camat Regional III di Hotel Shangri-La, Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Kamis (15/11/2018).

Menurutnya, camat mempunyai tugas atributif, di antaranya menyelenggarakan urusan pemerintahan umum, mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, serta penegakan Perda dan Perkada.

Lebih Cepat, Gubernur Jatim Soekarwo Berencana Umumkan UMK Besok

Puskesmas Sisir Kota Batu Raih Juara 3 Puskesmas Terbersih se-Jawa Timur

Sedangkan dalam tugas delegatif, bupati/wali kota melimpahkan sebagian kewenangannya kepada camat berdasarkan pemetaan pelayanan publik sesuai karakteristik, serta pelimpahan kewenangan dengan keputusan bupati/wali kota.

Dalam melaksanakan urusan pemerintahan umum, lanjutnya, camat mendapatkan alokasi anggaran yang bersumber dari APBN sesuai UU Nomor 23 Tahun 2014.

Sementara dalam melaksanakan urusan pemerintahan umum di wilayah kecamatan, seorang camat tidak bisa berdiri sendiri.

Kepala DLH Kota Malang Geregetan CCTV di Jembatan Muharto 3 Kali Dirusak Orang Tak Bertanggung Jawab

Kedatangan Tamu Anak-anak TK Muslimat NU 05, Polres Malang Kota Kenalkan Fungsi dan Tugas Kepolisian

Namun perannya dibantu oleh Kapolsek dan Danramil sampai Babinsa.

Untuk itu, camat harus menjalin koordinasi dan komunikasi dengan keduanya, termasuk dalam mengambil keputusan di tingkat kecamatan dengan melibatkan tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat.

“Hal ini sangat penting apalagi mencermati perkembangan dinamika saat ini. Kemitraan harus dibangun dengan baik,” katanya.

Halaman
12
Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved