Rumah Politik Jatim

16 Nama Tokoh Layak Maju Pilkada Surabaya 2020, Berikut Kapasitas dan Peta Politik Lengkap Versi SSC

16 Nama Tokoh ini Layak Maju Pilkada Surabaya 2020, Berikut Kapasitas dan Peta Politik Lengkap Versi Lembaga Survei SSC.

16 Nama Tokoh Layak Maju Pilkada Surabaya 2020, Berikut Kapasitas dan Peta Politik Lengkap Versi SSC
SURYA/HABIBUR ROHMAN
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Lembaga Survei Surabaya Survei Centre (SSC) menyebut 16 nama potensial yang kemungkinan akan bertarung di Pilwali Surabaya 2020 alias Pilkada Surabaya 2020. Beberapa nama tersebut berasal dari berbagai latar belakang.

Direktur Utama SSC Mochtar W Oetomo, Kamis (29/11/2018) memberikan alasan masing-masing dari belasan figur yang dinilai layak maju dan dicalonkan sebagai bakal calon wali kota maupun bakal calon wakil wali kota Surabaya di Piladak Surabaya 2020.

Lembaga Survei: Inilah 16 Nama Tokoh Layak Maju Pilkada Surabaya 2020, Dari Puti Hingga Ahmad Dhani

Berikut ulasan dan analisa lengkapnya:

1. Munculnya Srikandi PDI Perjuangan

Gender perempuan disinyalir akan banyak diunggulkan dalam Pilwali Kota Surabaya 2020. Hal ini merupakan keberlanjutan dari image Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang memimpin saat ini dan dinilai banyak memberikan kemajuan terhadap Surabaya.

"Tentu demikian. Apalagi Surabaya sejauh ini masih menjadi basis PDI Perjuangan (Diketuai Megawati Soekarnoputri, seorang perempuan)," ujar Mochtar kepada Surya.co.id (Tribunjatim.com Network) di Surabaya (Kamis, 29/11/2018).

Risma Ultah ke 57, Wali Kota Surabaya yang Cepat Marah Dengan Segudang Prestasi, Inilah Kiprahnya

Munculnya nama Puti Guntur Soekarno (caleg PDI Perjuangan, pernah maju menjadi Calon Wakil Gubernur Jatim) dan Sri Untari (Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Jatim) menjadi potensi keuntungan yang bisa menarik antusias masyarakat.

Dua nama srikandi PDI Perjuangan tersebut akan bertarung dengan politisi PDI Perjuangan senior lainnya. Di antaranya, Wisnu Sakti Buana (Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya, Wakil Wali Kota Surabaya) dan Armuji (Politisi PDI Perjuangan, Ketua DPRD Surabaya).

"Namun, pilwali lebih merupakan pertarungan figur dan narasi dibanding pertarungan mesin partai dan gender," tegas Mochtar.

9 Fraksi di DPRD Kompak Setujui APBD Jatim 2019 Sebesar Rp 33,4 Triliun, Ini Rincian Peruntukannya

2. Figur Demokrat akan Menjual

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Mujib Anwar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved