Konflik Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya Disebut Butuh Intervensi dan Kerjasama antar 2 Pemda

Pakar Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga menilai insiden AMP di Surabaya dua hari terakhir ini harus dilihat sampai ke akar permasalahannya.

Konflik Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya Disebut Butuh Intervensi dan Kerjasama antar 2 Pemda
TRIBUNJATIM/SOFYAN ARIF CHANDRA SAKTI
Agus Hartono dan polisi saat kawal unjuk rasa mahasiswa Papua. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pakar Ilmu Komunikasi Universitas Airlangga, Suko Widodo menilai, insiden Aliansi Mahasiswa Papua (AMP) di Surabaya dua hari terakhir ini harus dilihat sampai ke akar permasalahnya.

Warga Surabaya terutama yang berada di sekitar asrama mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, juga harus mau saling mengerti bagaimana cara-cara berkehidupan sosial para Mahasiswa Papua.

"Karakter budaya mereka berbeda dan memang membutuhkan pendekatan kebudayaan di dalam menangani masalah ini," kata Suko Widodo, Senin (3/12/2018).

Usai Pembekalan Caleg Hanura se-Jawa Timur, Kelana Aprilianto: Kita Harus Turun dan Linear

Satu dari sejumlah cara cara pendekatan kebudayaan tersebut, menurut Suko, adalah dengan membuka asrama mahasiswa Papua.

"Jadi tidak eksklusif sehingga ada peluang dari mahasiswa Papua itu untuk berinteraksi dengan warga Surabaya dan juga sebaliknya," lanjutnya.

Warga sekitar asrama dan mahasiswa Papua harus sering mengadakan acara maupun pertemuan yang melibatkan kedua belah pihak sehingga interaksi dan kedekatan akan saling terjalin.

Sinergikan Antar Kepala Daerah, Sutiaji Wacanakan Badan Kerjasama Antar Daerah se-Malang Raya

Langkah ini, menurut Suko, membutuhkan intervensi dari pemerintah, baik dari Pemkot Surababaya maupun pemerintah kabupaten/kota asal para mahasiswa Papua tersebut.

Pemerintah daerah di Papua bisa memandu mahasiswanya agar lebih terbuka dengan masyarakat sekitar.

Begitu juga dengan Pemkot Surabaya yang harus menginstruksikan agar camat, kepala desa, hingga RT, RW di daerah asrama mahasiswa Papua tidak resisten terhadap keberadaan mahasiswa Papua.

Tak Hanya Febri Hariyadi, Mario Gomez Juga Marahi Pemain Persib Lainnya usai Imbang di Lamongan

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Ayu Mufihdah KS
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved