Rumah Politik Jatim

Hayono Isman: Industri Kreatif Katalis Baru untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Calon anggota DPR RI dapil Jatim I dari Partai Nasdem, Hayono Isman, terus mendorong pertumbuhan industri kreatif guna meningkatkan ekonomi masyarakat

Hayono Isman: Industri Kreatif Katalis Baru untuk Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
TRIBUNJATIM.COM
Calon anggota DPR RI dari Partai Nasdem, Hayono Isman, berkunjung ke Butik Gantari, Surabaya. 

TRIBUNJATIM.COM - Calon anggota DPR RI dapil Jatim I nomor urut 1 dari Partai Nasdem, Hayono Isman, terus mendorong pertumbuhan industri kreatif, guna meningkatkan ekonomi masyarakat.

Hayono optimistis pengembangan industri kreatif mampu menciptakan lapangan kerja baru, serta memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah.

"Industri kreatif bisa menjadi katalis industri baru, juga mempercepat aktivitas ekonomi yang sudah ada. Artinya sangat jelas, akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Hayono, Rabu (5/12/2018).

Hayono Isman Upayakan Agar Warga Lansia dan Disabilitas Dapat Hak yang Setara

Mantan Menpora era Kabinet Pembangunan VI itu mengatakan, perkembangan perekonomian semakin cepat seiring dengan munculnya industri kreatif yang mampu menopang kehidupan perekonomian masyarakat.

Jawa Timur, dengan populasi 38 juta jiwa, menjadi salah satu provinsi yang memiliki potensi pasar bagi industri kreatif, terutama kerajinan batik bordir dan sejenisnya.

Menariknya lagi, dari total product domestic regional bruto (PDRB), 60 persen lebih berasal dari sektor konsumsi termasuk produk dari industri kreatif.

Dari itulah Hayono berharap, para pelaku industri kreatif khususnya di Surabaya dan Sidoarjo, agar terus mengembangkan usahanya dengan konsisten.

Selain itu, diharapkan juga bisa meningkatkan daya saing produk kreatif dalam negeri terutama menghadapi tantangan ekonomi global.

Hayono Isman Ajak Generasi Milenial Tidak Apatis Terhadap Politik

Hayono pun juga mendorong para pelaku industri kreatif untuk berinovasi seiring perkembangan tren dan teknologi terkini.

Inovasi yang diharapkan tidak hanya menciptakan ide atau penemuan baru yang bermanfaat untuk masyarakat.

"Inovasi yang bernilai komersial merupakan kreasi, pengembangan dari suatu produk atau layanan baru dengan tujuan meningkatkan efisiensi, efektivitas, ataupun keunggulan bersaing," ujarnya.

Menurutnya, kondisi tersebut merupakan suatu potensi besar yang perlu dijaga dan dikembangkan dalam menumbuhkan industri berbasis inovasi, seperti sektor kerajinan yang telah banyak dilakukan melalui komunitas UMKM di Surabaya dan Sidoarjo.

"Kita harus berkomitmen untuk mewujudkan hal tersebut, tetapi dukungan dari seluruh elemen juga sangat diperlukan. Kita memiliki harapan industri kreatif menjadi sumber kekuatan ekonomi masyarakat," pungkasnya.

Hayono Isman Akan Libatkan Koperasi untuk Bantu Sejahterakan Warga

Editor: Ani Susanti
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved