ITS Surabaya Dipercaya Uji Mobil Hybrid Toyota Bersama Lima Perguruan Tinggi Lain

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dipercaya oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menguji mobil hybrid terbarunya.

ITS Surabaya Dipercaya Uji Mobil Hybrid Toyota Bersama Lima Perguruan Tinggi Lain
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mencoba mobil listrik Toyota Prius Hybrid di ITS Surabaya pada Jumat (30/11/2018) lalu. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Syamsul Arifin

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Bersama lima perguruan tinggi lainnya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dipercaya oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menguji mobil hybrid terbarunya.

ITS Surabaya menerima total enam mobil untuk melakukan pengujian dengan rincian dua unit Toyota Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dua Toyota Prius Hybrid, dan dua Toyota Altis.

Bahkan, mobil Toyota Prius jenis PHEV yang menurutnya belum ada di pasaran ini, juga sempat dijajal oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, dalam kunjungannya ke kampus ITS Surabaya pada Jumat (30/11/2018) lalu.

ITS Surabaya & Badan Litbang Kemenhub Gelar FGD Bahas Upaya Pencegahan Kecelakaan Transportasi Udara

Manajemen Perhotelan Unair Surabaya Gelar Kreasikan Makanan dan Bungamu Bersama Anak Yatim Piatu

Tri Arief Sardjono, salah satu peneliti yang turut serta dalam mengelola uji coba ini mengatakan, akan dilakukan beberapa pengujian terhadap mobil ini.

“Pengujian mengenai tingkat hemat daya, bahan bakar, serta cuaca, dan lain-lain tersebut bertujuan untuk mengetahui respons mobil terhadap penggunaan dalam berbagai kondisi geografis dan ritme pengguna yang beragam,” jelas Dekan Fakultas Teknologi Elektro (FTE) ITS Surabaya ini, Jumat (7/12/2018).

Untuk menangani hal tersebut, Tri menambahkan, ITS Surabaya telah membentuk tim khusus di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITS Surabaya yang terdiri dari dosen dan mahasiswa dari Departemen Teknik Elektro dan Departemen Teknik Mesin.

Empat Tim Mobil ITS Surabaya Borong Empat Gelar di Ajang KMHE Universitas Negeri Padang

Tanam Pohon Berbunga Eksotik, Surabaya Menjelma Jadi Kota Seribu Taman

Jelang Persebaya Vs PSIS, Begini Komentar David da Silva soal Perburuan Gelar Top Skor Liga 1 2018

Setidaknya ada enam dosen yang bergantian menguji mobil tersebut selama dua minggu sampai tiga bulan ke depan.

“Setiap pekan, mahasiswa akan mengambil data yang terekam dalam data logger untuk dianalisis dan dikirim ke pihak yang membutuhkan,” ujarnya.

Penulis: Samsul Arifin
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved