Suroboyo Bus Mogok, Timing Belt Perlu Diganti

Seperti halnya seluruh komponen lain pada kendaraan, baik sepeda motor, mobil, atau bus sekalipun yang harus mendapatkan perawatan rutin.

SURYA/NURAINI FAIQ
Petugas sedang memperbaiki mesin Suroboyo Bus yang mogok selama empat jam 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Beberapa waktu lalu ada kasus Suroboyo Bus, ikon transportasi milik Kota Surabaya yang mogok diduga karena permasalahan pada timing belt.

Irvan Wahyudrajat, Kepada Dinas Perhubungan (dishub) Surabaya mengaku ada perbaikan pada timing belt bus buatan Mercedes-Benz itu.

Rosa Setioko, Service Manager Auto2000 Kertajaya menjelaskan timing belt jadi salah satu komponen penting kendaraan.

Seperti halnya seluruh komponen lain pada kendaraan, baik sepeda motor, mobil, atau bus sekalipun yang harus mendapatkan perawatan rutin.

"Perawatannya pun harus sesuai dengan merek atau jenis kendaraan. Timing belt punya masa pakai, tiap jenis kendaraan berbeda pergantian per meternya. Ada yang tiap 5000 meter sekali, kalau Toyota 1000 meter sekali atau enam bulan sekali, jadi meski belum 1000 meter biasanya kami sarankan untuk ganti. Makanya untuk mengetahui itu harus perawatan rutin," terang Rosa, Selasa (11/12/2018).

Jika tidak diperhatikan lanjut Rosa, Timing Belt bisa retak dan putus sehingga menyebabkan kendaraan mogok.

"Kalau putus ya mogok, karena timing belt ini salah satu komponen yang meneruskan kinerja mesin," jelasnya. Pipit Maulidiya

Penulis: Pipit Maulidiya
Editor: Melia Luthfi Husnika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved