Berbahan Limbah Botol Plastik, Siswa SMPN 6 Surabaya Ciptakan Produk Furnitur Kursi dan Rak Sepatu

Dengan bahan baku limbah botol plastik air mineral ini kami isi dengan potongan bungkus plastik hingga padat dan cukup kuat menjadi bahan furnitur.

Berbahan Limbah Botol Plastik, Siswa SMPN 6 Surabaya Ciptakan Produk Furnitur Kursi dan Rak Sepatu
TRIBUNJATIM.COM/SAMSUL ARIFIN
Inovatif, karya tempat duduk dan rak sepatu berbahan dasar sampah plastik dan bekas botol air mineral yang dipamerkan di Pameran Widya Wahana Pendidikan karya dari SMPN 6 Surabaya, di Gelora Pancasila, Kamis, (13/12/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Syamsul Arifin

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA -Siswa SMPN 6 Surabaya menyulap limbah botol plastik dari bekas botol air mineral menjadi bahan dasar furnitur.

Dalam pameran Widya Wahana Pendidikan di Gedung Gelora Pancasila, Andika Ihsan Patria siswa kelas XII ini mengatakan ide tersebut muncul saat melihat banyaknya limbah botol plastik yang berserakan di sekolah, serta banyak dari siswa yang minum dari kemasan botol.

Selain itu di lingkungan sekolahnya rutin diadakan kegiatan Eco West, Andika bersama temannya Muhammad Zacky membuat program tersebut.

Wali Murid SMPN 62 Surabaya Sebut Pentingnya Tularkan Semangat Juang Pahlawan untuk Para Siswa

Siswa berpostur jangkung menjelaskan bahan baku dari sampah plastik untuk furniture cukup mudah didapat serta bertujuan untuk meminimalisir sampah plastik.

“Dengan bahan baku limbah botol plastik air mineral ini kami isi dengan potongan bungkus plastik hingga padat dan cukup kuat menjadi bahan dasar furniture. Saat ini kami membuat kursi duduk dan rak sepatu,” tuturnya, Kamis, (13/12/2018).

Setelah diisi, lanjut Andika, botol-botol itu di lem dan dibalut dengan busa serta kain dengan motif yang menarik.

Dispendik Kota Surabaya Pastikan Pesan Berantai Soal PPDB SMPN 62 Adalah Hoax

Selain itu, bahan ini cukup kuat dan tahan lama serta dapat menopang berat 100 kilogram.

Senada dengan Andika, pembina Departemen Lingkungan Hidup SMPN 6 Surabaya, Sugeng Novianto menegaskan dengan produk tersebut dapat mengurangi sampah plastik.

“Selain itu dari produk asli siswa ini ada LSM yang ikut bekerja sama untuk mengembangkan produknya. Intinya kami ingin betul-betul mengurangi sampah plastik bila dimanfaatkan bisa menjadi barang berguna,” tandasnya.

Penulis: Samsul Arifin
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved