Ruas Jalan Bandung-Tasikmalaya di Malangbong Longsor, Arus Lalu Lintas Dialihkan

Ruas jalan nasional lintas Bandung-Tasikmalaya, tepatnya berada di Kampung Pangkalan, Desa Sukaratu, Kecamatan Malangbong, tertimpa longsoran.

Ruas Jalan Bandung-Tasikmalaya di Malangbong Longsor, Arus Lalu Lintas Dialihkan
KOMPAS.com/Ari Maulana Karang
Arus lalu lintas dialihkan ke Garut dan Sumedang karena ada longsor di Malangbong, Selasa (25/12/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, GARUT - Ruas jalan nasional lintas Bandung-Tasikmalaya, tepatnya berada di Kampung Pangkalan, Desa Sukaratu, Kecamatan Malangbong, Garut, tertimpa longsoran pada Selasa (25/12/2018) sekitar pukul 04.00 WIB.

Longsoran tersebut menutup badan jalan hingga menganggu arus lalu lintas dari arah Bandung ke Tasikmalaya dan sebaliknya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dadi Zakaria mengatakan, longsoran berasal dari tebing di pinggir jalan setinggi kurang lebih 20 meter dengan lebar 15 meter.

Kata BMKG Juanda Soal Jalan Gubeng Ambles: Dikhawatirkan Dampak Longsor Melebar Jika Ada Hujan

Akibatnya, setengah badan jalan tertutup material longsoran.

Longsoran sendiri, menurut Dadi, terjadi bukan hanya karena curah hujan yang tinggi, namun juga karena kondisi tanah yang labil hingga membuat di tempat kejadian mudah tergerus longsoran.

Saat ini, alat berat telah diturunkan untuk membersihkan material longsoran.

Ditimbun Tanah, Jalan Gubeng Surabaya Ambles Kini Mulai Tersambung Kembali

Dihubungi terpisah, Kasatlantas Polres Garut, AKP Rizky Adi Saputro membenarkan adanya longsoran yang menutup badan jalan di ruas jalan raya Bandung-Tasikmalaya tepatnya di Kampung Pangkalan Desa Sukaratu Kecamatan Malangbong.

“Longsoran tepatnya di depan rumah makan Rido Manah Kampung Pangkalan Desa Sukaratu Kecamatan Malangbong, anggota sudah ada di lokasi melaksanakan manual pengaturan arus lalu lintas,” katanya.

Selain mengatur arus lalu lintas, menurut Rizky pihaknya juga sudah mengerahkan mobil pemadam kebakaran yang telah disiagakan di kawasan Limbangan untuk melakukan pembersihan material longsoran yang menutupi badan jalan.

Bursa Transfer Liga 1, Andik Vermansah ke Madura United, Paulo Sergio Berseragam Bali United

“Alat berat juga sudah kita hubungi dan sedang dalam perjalanan dengan pengawalan anggota kita ke lokasi,” katanya.

Rizky menambahkan, akibat longsoran tersebut, setengah badan jalan tertutup material longsoran.

Karenanya, pihaknya telah berkoordinasi dengan Polres Bandung dan Tasikmalaya agar arus lalu lintas sementara dilakukan pengalihan.

Tiga Anggota Band Seventeen Meninggal dalam Tsunami Banten, Ifan Wakili Rekan-rekannya Ucap Pamit

“Untuk mengurangi antrean kendaraan di lokasi, kita sudah koordinasi dengan Polres Bandung dan Polres Tasikmalaya agar arus lalu lintas dialihkan,” jelasnya.

Berita di atas sebelumnya telah dipublikasikan di Kompas.com dengan judul Ruas Jalan Bandung-Tasikmalaya Longsor di Malangbong

Editor: Dwi Prastika
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved