Pemkot Blitar Siapkan Rp 3,5 Miliar untuk Bangun Gedung Baru Kelurahan Karangtengah Kota Blitar

Pemkot Blitar berencana merelokasi kantor Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar pada 2019 ini.

Pemkot Blitar Siapkan Rp 3,5 Miliar untuk Bangun Gedung Baru Kelurahan Karangtengah Kota Blitar
SURYA/SAMSUL HADI
Sekretaris DPUPR Kota Blitar, Heru Catur W menunjukkan penyegelan di ruang kepala DPUPR, Kamis (7/6/2018). 

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Pemkot Blitar berencana merelokasi kantor Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar pada tahun baru 2019 ini.

Pemkot Blitar mengalokasikan anggaran sekitar Rp 3,5 miliar untuk pembangunan gedung baru kantor Kelurahan Karangtengah.

"Rencananya, awal tahun ini, kami mulai tahap melelang pekerjaan proyek pembangunan kantor kelurahan itu," kata Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Blitar, Heru Catur W, Selasa (1/1/2019).

Sesuai rencana kantor Kelurahan Karangtengah yang sekarang berada di Jl Bali akan dipindah ke Jl Sumba. Lahan yang digunakan untuk membangun kantor baru Kelurahan Karangtengah merupakan bekas tanah bengkok.

Lokasi kantor baru kelurahan itu berada di jalan kota. Sedangkan lokasi kantor kelurahan sekarang berada di jalan provinsi.

"Lokasi yang baru memang masuk, tapi berada di jalan kota. Kalau kantor yang sekarang berada di jalan provinsi, suasananya ramai kendaraan," ujar Catur.

Tahun 2019, Kantor Imigrasi Kelas II Blitar Upayakan Pengurusan Paspor Sehari Jadi

Catur mengatakan anggaran total pembangunan gedung baru kantor Kelurahan Karangtengah sebesar Rp 3,5 miliar. Anggaran itu digunakan untuk pembangunan gedung dan jembatan menuju ke kantor kelurahan.

Anggaran untuk pembangunan gedungnya Rp 2,5 miliar, sedangkan untuk pembangunan jembatannya Rp 1 miliar.

"Kalau untuk pembangunan gedungnya saja anggarannya hanya Rp 2,5 miliar, yang Rp 1 miliar untuk pembangunan jembatan. Harus ada jembatan menuju ke kantor kelurahan yang baru," katanya.

Seperti diketahui sejak 2017 lalu, Pemkot Blitar gencar membangun beberapa gedung baru kantor kelurahan. Pada 2017, Pemkot Blitar membangunan dua gedung baru kantor kelurahan.

Yaitu, gedung baru kantor Kelurahan Bendo dan kantor Kelurahan Pakunden.

Pada 2018, Pemkot Blitar juga berencana membangun dua gedung baru kantor kelurahan lagi. Yaitu, kantor Kelurahan Sananwetan dan kantor Kelurahan Kepanjenlor.

Tapi rencana itu batal karena DPRD tidak menyetujui anggaran pembangunan gedung baru kantor kelurahan yang diusulkan Pemkot Blitar.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved