Breaking News:

Alokasi Subsidi Operasional Suroboyo Bus Rp 100 Juta Per Bulan, Ini Rutenya

Meski sudah dilaunching, 10 unit Suroboyo Bus belum dioperasikan. Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad menegaskan

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Yoni Iskandar
SURYA/PIPIT MAULIDIYA
Suroboyo Bus baru yang terparkir di Terminal Tambak Oso Wilangun pada Kamis (3/12/2018) 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Meski sudah dilaunching, 10 unit Suroboyo Bus belum dioperasikan. Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajad menegaskan bahwa bus tersebut akan mulai dioperasikan dalam pekan ini.

Irvan menegaskan setiap penumpang yang ingin menikmati fasilitas angkutan ini cukup membayar dengan botol bekas. Tiga botol ukuram besar, dan lima botol bekas untuk ukuran kecil.

Sedangkan untuk operasional Suroboyo Bus ditegaskan Irvan semua ditanggung oleh Pemerintah Kota Surabaya dalam bentuk subsidi.

"Subsidi biaya opersional ditanggung Pemkot di APBD. Mulai driver, helper, semua gaji UMK dan juga BBM. Per bulan untuk 20 unit bus operasional Rp 100 juta, kalau setahun sekitar Rp 10 miliar," kata Irvan kepada TribunJatim.com
, Jumat (4/1/2018).

Untuk masing-masing bus, dikatakan Irvan semua berbeda jumlah kebutuhan operasional terutama BBM nya. Bergantung dengan jaraknya.

Lebih lanjut untuk sepuluh unit Suroboyo Bus yang baru tujuh unit bus akan dioperasional di rute barat timur. Sedangkan untuk rute utara selatan akan diplotkan tambahan tiga unit. Sehingga masing-masing rute akan dioperasional 10 unit bus.

Kepala Kejati Jatim: Datang Sendiri Atau Kami Jemput Paksa Wisnu Wardhana

Harga BBM Non Subsidi Mulai Sabtu (5/1/2018) Pukul 00.00 Turun Rp 100 Hingga Rp 250 Per Liter

Truk Muatan Paving Mogok, Lalu Lintas di Jembatan Brantas Kota Malang Macet

"Untuk kapasitas per bus ini bisa dinaiki 67 orang. Secara desain lebih baik karena dua pintu. Lalu juga ada USB charging dan ada free wifinya," tegas Irvan.

Akhir tahun 2018 lalu, Dinas Perhubungan sudah menambah delapan titik halte bus. Dan tahun ini di rute utara selatan dan barat timur juga akan ditambah halte.

Untuk rute Utara selatan bisa ditempuh dari Rajawali - Purabaya. Bus akan berhenti di Halte Rajawali - Halte Jembatan Merah - Halte Veteran - Halte Tugu Pahlawan - Halte Alun Alun Contong - Halte Siola - Halte Tunjungan - Halte Simpang Dukuh - Halte Gubernur Suryo - Halte Pangsud - Halte Sono Kembang - Halte Urip Sumoharjo - Halte Pandigiling - Halte Mojopahit - Halte Darmo - Halte Marmoyo - Halte Joyoboyo - Halte RSAL - Halte Margorejo - Halte UIN - Halte Siwalankerto - Halte Kerto Menanggal - Terminal Purabaya.

Sedangkan untuk rute barat timur lebih melayani rute yang menghubungkan antar kampus. Untuk rute barat dan timur, mulai Unesa PTC sampai ITS, lewat tengah kota HR Muhammad-Mayjend Sungkono-dr Soetomo-Raya Darmo langsung melambung ke Moestopo hingga ke ITS. (fatimatuz zahroh/TribunJatim.com)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved