Fokus Kembangkan UMKM, Jatim jadi Tuan Rumah Perayaan Hari Pers Nasional Tahun Ini

Hari Pers Nasional (HPN) yang akan diperingati pada 9 Februari 2019 mendatang, Jawa Timur akan menjadi tuan rumah perayaan.

Fokus Kembangkan UMKM, Jatim jadi Tuan Rumah Perayaan Hari Pers Nasional Tahun Ini
ISTIMEWA/HUMAS JATIM
Sekdaprov Jatim hadiri Dialog Publik HPN 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Hari Pers Nasional (HPN) yang akan diperingati pada 9 Februari 2019 mendatang, Jawa Timur akan menjadi tuan rumah perayaan.

Mengenai persiapan, hingga saat ini Pemerintah Provinsi (Pemprov Jatim) sudah menyeleseaikan 90 persen persiapannya.

Hal itu menunjukkan bahwa Pemprov Jatim telah siap menyamput perayaan Hari Pers Nasional (HPN).

Terkait dipilihnya Jawa Timur (Jatim) menjadi tuan rumah peringatan HPN tahun ini, Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Heru Tjahjono menjelaskan, lantaran Jatim merupakan provinsi yang fokus mengembangkan UMKM.

Selain itu, Heru Tjahjono menambahkan, Jatim memiliki potensi wisata yang bisa diekspos baik wisata budaya maupun wisata alam.

Hampir Selesai, Persiapan Peringatan Hari Pers Nasional oleh Pemprov Jatim sudah Mencapai 90 Persen

Tidak hanya itu, Provinsi Jatim di bawah kepemimpinan Pakde Karwo memiliki pertumbuhan ekonomi paling baik di Indonesia.

Sesuai tema pelaksanaan HPN tahun 2019 yakni ”Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital”, penyelenggaraan HPN ini diharapkan akan membawa dampak baik terhadap tumbuhnya sektor UMKM di Jatim.

Ia berharap ke depan pers akan lebih banyak memberitakan soal UMKM kepada masyarakat luas.

“Mungkin yang tadinya pers lebih banyak memberitakan soal politik, olahraga dan lain-lain, porsi pemberitaan soal UMKM bisa meningkat, ini sekaligus membantu promosi mereka,” katanya.

Andik Vermansah dan Evan Dimas Kompak Nyanyi Song For Pride bersama Suporter Persebaya Bonek

Tidak hanya itu, ia juga berharap pers ikut berperan dalam membangun dan memfasilitasi UMKM. Termasuk menyampaikan berita atau informasi yang membangun kepada masyarakat, bukan sebaliknya.

“Karena keberhasilan suatu pembangunan akan diketahui masyarakat bila disampaikan dengan baik oleh media, sehingga penyelenggaraan HPN besok sekaligus menjadi momentum menguatkan peran pers sendiri,” katanya.

Kegiatan HPN tahun 2019 di Provinsi Jatim sendiri memiliki berbagai rangkaian kegiatan.

Di antaranya bedah rumah, pengobatan gratis, night run dan hiburan rakyat, pameran teknologi media, press tour, workshop dan seminar nasional.

Acara HPN sendiri puncaknya akan diselenggarakan pada tanggal 9 Februari 2019 di Grand City Surabaya. (humaspemprovjatim/dewi)

Editor: Melia Luthfi Husnika
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved