Sertifikasi AUN-QA Akan Jadi Nilai Plus Bagi Lulusan ITS, Bisa Bersaing di Regional Asiang Tenggara

Kepala Kantor Penjaminan Mutu (KPM) ITS, Aulia Siti Aisjah menegaskan akan ada empat departemen lain yang menyusul guna mendapatkan sertifikasi AUN-QA

Sertifikasi AUN-QA Akan Jadi Nilai Plus Bagi Lulusan ITS, Bisa Bersaing di Regional Asiang Tenggara
ISTIMEWA
Kepala Kantor Penjaminan Mutu (KPM) ITS, Aulia Siti Aisjah saat berada di depan Kantor Penjaminan Mutu, ITS. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Syamsul Arifin

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kepala Kantor Penjaminan Mutu (KPM) ITS, Aulia Siti Aisjah menegaskan akan ada empat departemen lain yang menyusul guna mendapatkan sertifikasi AUN-QA.

Departemen tersebut di antaranya Departemen Arsitektur, Departemen Biologi, Departemen Teknik Material, dan Departemen Teknik Geomatika.

Dosen kelahiran Magetan ini mengatakan, sertifikasi AUN-QA menambah keuntungan bagi lulusan ITS nantinya agar dapat mencari kerja dengan mudah di kawasan Asia Tenggara. Tak ayal, persiapan pun dilakukan jauh-jauh hari.

4 Departemen di ITS Siap Diakreditasi AUN-QA, Mulai Departemen Matematika hingga Teknik Perkapalan

“Kami juga sudah melakukan simulasi melibatkan mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan (staf, red) dengan dibantu Direktorat Hubungan Internasional ITS,” ungkap Aulia Siti Aisjah, Senin, (28/1/2019).

Sebelumnya, kata Aulia, setiap departemen juga membenahi segala aspek dari mulai akademik hingga sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar. Fasilitas dan layanan umum juga tidak luput dari penilaian.

“Walau fasilitas umum di ITS sudah dinilai saat visitasi departemen yang sudah disertifikasi beberapa tahun lalu, namun tentu harus ada peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya,” tegasnya.

Pada site visit nanti, penilaian akan dilakukan di masing-masing departemen yang diuji oleh dua orang profesor berkompeten sesuai bidang keilmuan yang diajukan.

Kegiatan CommTECH yang Digelar ITS Menjadi Satu di Antara Summer Course Terbaik di Asia

“Mereka (asesor, red) datang dari Thailand, Malaysia, Vietnam dan Filipina. Karena sudah sesuai regulasi tidak boleh ada asesor dari negara yang mengajukan sertifikasi agar lebih adil,” urainya.

Setelah site visit, imbuh Aulia, nilai akan keluar setelah satu bulan kemudian.

Jika nilainya di bawah 4 dari skala 1-7, maka departemen yang bersangkutan tidak akan mendapat sertifikasi AUN-QA.

4 Mahasiswa Berprestasi ITS Dapat Beasiswa dan Magang di Schneider

Sebaliknya, departemen dinyatakan akan mendapat sertifikasi jika nilai di atas atau sama dengan empat.

“Alhamdulillah dari 12 (departemen) yang diajukan sebelumnya, semuanya mendapatkan sertifikasi dengan nilai yang cukup memuaskan,” aku Aulia dengan bangga.

Penulis: Samsul Arifin
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved