Pemkot Blitar Petakan PKL yang Akan Menempati Kios Stadion dan Pusat Kuliner

Pemkot Blitar mulai memetakan pedagang kaki lima (PKL) yang akan menempati bangunan kios di Stadion Soepriadi dan di pusat kuliner bekas kantor Dinas

Pemkot Blitar Petakan PKL yang Akan Menempati Kios Stadion dan Pusat Kuliner
SURYA/SAMSUL HADI
Kondisi tempat berjualan PKL di sisi timur Alun-alun Kota Blitar. 

 TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Pemkot Blitar mulai memetakan pedagang kaki lima (PKL) yang akan menempati bangunan kios di Stadion Soepriadi dan di pusat kuliner bekas kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Rencananya, ada sejumlah PKL yang akan dipindah ke Stadion Soepriadi dan pusat kuliner.

"Rencananya, tahun ini mereka akan kami pindah ke kios di Stadion Soepriadi dan pusat kuliner. Pembangunannya sudah selesai, Wawali juga sudah cek ke lokasi," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Blitar, Arianto, Selasa (29/1/2019).

Arianto mengatakan PKL yang rencananya menempati kios di Stadion Soepriadi yaitu PKL di timur Alun-alun dan eks PKL Jalan Mastrip.

Ada sekitar 61 pedagang di timur Alun-alun dan PKL Mastrip yang akan dipindah ke kios Stadion Soepriadi.

Pemindahan PKL masih menunggu penyerahan bangunan dari rekanan ke Pemkot Blitar. Pengelolaan kios Stadion Soepriadi menjadi wewenang Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora).

"Nanti wewenangnya di Dispora. Kami (Disperindag) hanya menyiapkan data pedagang yang akan pindah ke sana," ujar Arianto kepada Tribunjatim.com.

Kejati Jatim Masih Menunggu Surat Pemindahan Penahanan Ahmad Dhani

Ahmad Dhani Ditahan, Fahri Hamzah Sebut Air Mata Bangsa Menetes & Singgung Ceramah Zainuddin MZ

Raffi Ahmad Kesal Sepatu Rp 15 Juta Miliknya Akan di-Giveaway Baim Wong, Nagita Ikut Kaget dan Gemas

Sedangkan, untuk kios pusat kuliner rencananya akan ditempati PKL di Jl Sudanco Supriyadi atau di depan Taman Makam Pahlawan (TMP) dan PKL di Jalan Sumatera. Ada 47 pedagang di dua lokasi itu yang akan dipindah ke pusat kuliner. Disperindag sudah berkirim surat ke para pedagang terkait rencana relokasi ke pusat kuliner.

"Kami akan kumpulkan dulu para pedagang. Kapan mereka siap pindah. Mereka juga sudah kami kirim surat pemberitahuan rencana relokasi," kata Arianto kepada Tribunjatim.com.

Sebelumnya, DPRD Kota Blitar mendesak Pemkot Blitar agar segera memfungsikan bangunan pusat kuliner dan bangunan kios di Stadion Soepriadi.

Bangunan pusat kuliner yang menelan anggaran Rp 2,9 miliar itu sudah rampung sejak 2018 lalu dan sampai sekarang belum dimanfaatkan.

Begitu juga bangunan kios di sisi selatan Stadion Soepriadi juga sudah selesai sejak tahun lalu. Sesuai rencana, Pemkot Blitar akan memfungsikan bangunan pusat kuliner dan kios stadion untuk penataan PKL. Tapi, sampai sekarang bangunan pusat kuliner dan kios stadion masih dibiarkan mangkrak. (sha/TribunJatim.com).

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved