Pengedar Narkoba Jaringan Lapas Sidoarjo di Malang Ditangkap, Kemas Pil Koplo dalam Bungkus Vitamin

Tersangka bertugas sebagai kurir yang menghubungkan jaringan narkoba di satu lapas di Sidoarjo, hingga kemudian diantar ke wilayah Wagir & sekitarnya.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Ani Susanti
SURYA/ERWIN WICAKSONO
Pengedar narkotika Mochamad Zeri dan barang bukti pil koplo dalam kemasan vitamin B1 yang diamankan Polsek Wagir, Selasa (29/1/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Jajaran Unit Reskrim Polsek Wagir berhasil mengungkap peredaran narkotika dalam jumlah besar.

Tersangka bernama Mochamad Zeri warga Jalan Gadang IX, Kelurahan Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang ditangkap di rumah kontrakannya di Dusun Buwek, Desa Sitirejo, Wagir, Minggu (27/1/2019) dini hari.

Pria yang merupakan bagian jaringan lapas Sidoarjo ini diringkus petugas kala mengemas narkotika.

Diketahui, pria berusia 32 tahun tersebut merupakan kurir narkoba dengan sistem ranjau.

Dua Pemuda dari Malang Usai Transaksi Pil Koplo di Warung Kopi, Polisi Malah Patroli, Lalu Dibekuk

Kapolsek Wagir, AKP Mey Surya Ningsih menjelaskan, tersangka bertugas sebagai kurir yang menghubungkan jaringan narkoba di satu lapas di Sidoarjo, hingga kemudian diantar ke wilayah Wagir dan sekitarnya.

Dari penangkapan tersebut, petugas berhasil mendapatkan barang bukti narkotika, di antaranya empat poket sabu seberat 12,73 gram, 3 bungkus ganja kering seberat 9,77 gram dan 58 ribu pil koplo yang dikemas dalam bungkus berlabel vitamin B1.

"Awalnya, kami mendapatkan informasi dari masyarakat tentang adanya orang yang dicurigai mengedarkan obat-obatan terlarang jenis pil koplo dan narkotika lainnya. Kemudian kami gerebek kontrakannya. Barang-barang pil koplo ini disamarkan dengan kemasan bertuliskan vitamin B1," beber Ningsih ketika dikonfirmasi, Selasa (29/1/2019).

"Tersangka diketahui sebagai kurir. Kemudia ia adalah seorang residivis kasus serupa. Kami menduga jaringan yang ia miliki sudah luas di Jawa Timur," imbuhnya.

Sasar Pengunjung Warung Kopi, Pengedar Pil Koplo di Pasuruan Dibekuk Polsek Nongkojajar

Ningsih menduga, narkotika yang berhasil diungkap ini tak hanya akan diedarkan di wilayah Wagir.

Namun, di beberapa daerah di Kabupaten Malang.

"Mengedarkannnya berdasarkan pesanan. Bisa jadi kemungkinan diedarkan ke para pelajar. Pastinya ini tak hanya diedarkan di wilayah Wagir. Kami masih lidik," tandasnya.

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 111 ayat 1 dan 2 pasal 112 ayat 1 subs pasa 127 ayat 1 huruf A UU No. 35 tahun 2009 tentang narkotika

Sementara, tersangka Mochamad Zeri mengaku ia adalah hanya seorang kurir.

Namun, tak jarang ia mengaku kerap mengonsumsi sendiri barang haram tersebut.

Halaman
12
Sumber: Surya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved