Pecahkan Rekor Dunia Gowes Sepeda Tua, 10.000 Peserta Berbaju Lurik Ngonthel di Sidoarjo

Para penggemar sepeda tua dari berbagai daerah di Indonesia bakal berkumpul di Sidoarjo, Minggu (10/2/2019) nanti.

Pecahkan Rekor Dunia Gowes Sepeda Tua,  10.000 Peserta Berbaju Lurik Ngonthel di Sidoarjo
M Taufik/Surya
Wakil Bupati Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin saat memberangkatkan rombongan sepeda tua di Alun-alun Sidoarjo, Kamis (5/4/2018). 

 TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Para penggemar sepeda tua dari berbagai daerah di Indonesia bakal berkumpul di Sidoarjo, Minggu (10/2/2019) nanti.

Termasuk ratusan penggemar onthel klasik dari sejumlah negara tetangga juga dijadwalkan hadir pada event bertajuk Ngonthel Bumi Jenggolo 2 ini.

"Event kelas internasional ini digelar dalam rangka HUT Sidoarjo ke-160 dan Ulang Tahun Kosti (Komunikasi Sepeda Tua Indonesia) ke-11," kata Bambang Waluyodjati, ketua panitia dalam konferensi pers di Hotel Luminor Sidoarjo, Kamis (31/1/2019).

Peserta dari luar negeri yang sudah resmi mendaftar ada 60 dari Malaysia, 4 dari Thailand, serta sejumlah peserta lain dari Australia dan beberapa negara tetangga.

Sementara penggemar sepeda tua dalam negeri, hampir semua wilayah di Indonesia bakal hadir. Bahkan, menurut Bambang, ada yang nekat datang dengan mengendarai sepedanya.

Komunitas Sepeda Tua Pendekar Maerokotjo, Gus Ipul Hingga Risma Pernah Ikut Berpartisipasi

Inter Milan Tersingkir, Luciano Spalletti Tetap Merasa Timnya Tampil Maksimal Lawan Lazio

Seorang PNS RSUD dr Iskak Tulunggaung Digrebek Suaminya, Saat Bersama Pria Lain

Rendi, warga Jakarta mulai Kamis (31/2/2019) berangkat menuju Sidoarjo. Sedangkan sehari sebelumnya, ada peserta dari Tangerang dan Cengkareng yang sudah berangkat mengendarai onthel tuanya menuju Kota Delta.
"Hari ini mereka sudah sampai di Pekalongan," sebut Bambang kepada Tribunjatim.com.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi juga dijadwalkan hadir pada kegiatan ini. Termasuk sejumlah bupati, gubernur, dan beberapa pejabat dari berbagai daerah yang selama ini hobi koleksi sepeda tua juga akan ikut meramaikan acara bertema Energi Onthel Of Asia Pasific tersebut.

"Total pesertanya kami prediksi sekitar 10.000. Dan uniknya, saat bersepeda nanti semua akan mengenakan baju lurik. Ini adalah rekor sejarah baru di dunia," tandas pria yang punya koleksi sepeda berusia 141 tahun tersebut.

Kegiatan bakal dipusatkan di GOR Sidoarjo. Rute gowesnya dari GOR menuju Jalan Gajahmada, kemudian Jalan Pahlawan, Raya Candi, Tanggulangin, Kludan, Sukorame, Candi, Pasar Larangan, Diponegoro, Pahlawan dan kembali ke GOR.

Dalam perjalanan, peserta bisa mampir ke Lumpur Sidoarjo, pusat kerajinan Tanggulangin, dan beberapa lokasi lain.

Halaman
12
Penulis: M Taufik
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved