Gubernur Jatim Soekarwo Resmikan Jalan Prabu Siliwangi dan Jalan Sunda Hari Ini

Gubenur Jatim, Soekarwo meresmikan penggantian sebagian nama Jalan Gunungsari menjadi Jalan Prabu Siliwangi, Minggu (3/2/2019).

Gubernur Jatim Soekarwo Resmikan Jalan Prabu Siliwangi dan Jalan Sunda Hari Ini
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Pakde Karwo bersama veteran TRIP usai peresmian Pengubahan Sebagian Nama Jalan dan peletakkan batu pertama pembangunan monumen perjuangan / tugu Mas Trip yang di depan Lapangan Golf Ahmad Yani, Jalan Gunungsari, Surabaya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubenur Jatim, Soekarwo meresmikan penggantian sebagian nama Jalan Gunungsari menjadi Jalan Prabu Siliwangi, Minggu (3/2/2019).

Peresmian tersebut diselenggarakan bersamaan dengan peletakkan batu pertama  pembangunan monumen perjuangan / tugu Mas Trip yang rencananya dibangun di depan Lapangan Golf Ahmad Yani, Jalan Gunungsari, Surabaya.

Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, mengatakan selain Jalan Prabu Siliwangi, hari ini sebagian Jalan Dinoyo juga resmi berubah menjadi Jalan Sunda.

Warga Gunungsari Surabaya Tolak Nama Tempat Tinggalnya Diganti jadi Jalan Prabu Siliwangi

Ini Alasan Pemprov Jatim Pilih Jalan Gunungsari dan Dinoyo Diganti Jadi Sunda dan Prabu Siliwangi

Pakde Karwo menjelaskan pergantian nama jalan ini sebagai rekonsiliasi dan harmonisasi budaya antara Jawa dengan Sunda yang menurut sejarah retak setelah adanya Perang Bubat.

"Ini (pergantian nama jalan) simbolik, jadi bukan panjang jalannya berapa atau dimana, tapi bagaimana prosesnya nanti, karena efeknya (Perang Bubat) ini kan sampai 601 tahun," ucap Pakde Karwo.

TIPS CANTIK - Wajah Glowing seperti Artis Korea dengan Masker Buah Pepaya

TIPS CANTIK - Hilangkan Komedo dengan Bahan Alami Putih Telur dan Teh Hijau

Sebagian Jalan Gunungsari yang diganti menjadi Jalan Prabu Siliwangi adalah mulai pertigaan Traffic Light Golf Ahmad Yani ke Barat sampai ke pertigaan pintu masuk tol Gunungsari.

Sedangkan Jalan Dinoyo yang diganti adalah dari pertigaan Jalan Mojopahit sampai perempatan keputran-pandegiling-sulawesi.

Dalam peresmian tersebut hadir para veteran tentara republik Indonesia pelajar (TRIP) serta perwakilan dari warga Dinoyo dan Gunungsari.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved