Tahun Baru Imlek

Merayakan Tahun Baru Imlek, Sekolah Cita Hati Ajak Siswanya Buat Wadah Jeruk dari Sampah Plastik

Membuat wadah jeruk dari gelas plastik dan majalah bekas menjadi kegiatan perayaan Tahun Baru Imlek di Sekolah Cita Hati, Rabu (6/2/2019).

Merayakan Tahun Baru Imlek, Sekolah Cita Hati Ajak Siswanya Buat Wadah Jeruk dari Sampah Plastik
TRIBUNJATIM.COM/HEFTY SUUD
Siswa SD Cita Hati Raya Laguna KJW Putih Tambak tampak serius membuat wadah jeruk dari bahan bekas, Rabu (6/2/2019). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hefty's Suud

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Membuat wadah jeruk dari gelas plastik dan majalah bekas menjadi kegiatan perayaan Tahun Baru Imlek di Sekolah Cita Hati, Rabu (6/2/2019).

Wakil Kepala Sekolah Cita Hati di Raya Laguna KJW Putih Tambak, Joke Limanu Wirhaspati mengatakan kegiatan tersebut sengaja dipilih.

Sebab, pihak sekolah ingin siswa siswinya dapat turut berperan mengurangi permasalahan sampah plastik di Indonesia dengan langkah-langkah sederhana.

TRAFFICT REPORT: Pasca Libur Tahun Baru Imlek, Arus Lalu Lintas Jalan Pahlawan Kondisi Ramai Lancar

"Konsep perayaan Chinese New Year Kali ini memang tidak biasa. Ini pertama kali kami merakayannya dengan mengajak anak-anak melakukan kegiatan daur ulang," Joke menjelaskan.

Diseragamkan mengenakan baju berwarna merah atau yang bertema Imlek, para siswa siswi sekolah dasar (SD) Cita Hati tampak sibuk membuat wadah jeruk dari bahan bekas pakai.

Diceritakan Joke, sebelumnya para siswa sudah diminta untuk membawa sampah gelas plastik ke sekolah. Pihak sekolah pun telah menyiapkan gelas plastik bekas pakai, sebagai cadangan.

VIDEO: Meriahnya Malam Tahun Baru Imlek di Klenteng Cokro Surabaya Bersama Dewa Rejeki

"Kami sudah siapkan gelas plastik bekas yang sudah dicuci untuk dipakai anak-anak hari ini. Jaga-jaga mungkin ada yang lupa atau tidak bawa," ujarnya.

Lanjut Joke, gelas plastik bekas itu lalu dihias dengan kertas bekas majalah yang digulung menyerupai bentuk sedotan. Kertas gulungan itu ditempel di bagian luar gelas.

TIPS CANTIK TERBARU - Cerahkan Kulit Kering dan Kusam dengan Masker Madu dan Putih Telur

TIPS CANTIK TERBARU - 11 Jenis Makanan Murah Meriah yang Bisa Mencerahkan Kulit

Setelah jadi, di dalam gelas itu diisi buah jeruk. Selain menjadi wadah buah jeruk, menurut Joke, kreasi itu bisa juga digunakan sebagai wadah pensil.

"Karena kan Imlek identik dengan jeruk ya, jadi nanti gelasnya diisi jeruk. Nanti kalau jeruknya sudah habis, kan bisa dipakai tempat pensil," ungkap Joke.

Penulis: Hefty Suud
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved