Rumah Politik Jatim

Hayono Isman akan Manfaatkan Potensi Desa untuk Ciptakan Lapangan Kerja Baru

Hayono Isman mendorong agar potensi desa terus dikembangkan untuk bisa menciptakan lapangan kerja baru.

Hayono Isman akan Manfaatkan Potensi Desa untuk Ciptakan Lapangan Kerja Baru
TRIBUNJATIM.COM
Calon Anggota DPR RI Dapil Jatim I dari Partai Nasdem, Hayono Isman (kanan). 

TRIBUNJATIM.COM - Calon Anggota DPR RI Dapil Jatim I dari Partai Nasdem, Hayono Isman mendorong agar potensi desa terus dikembangkan untuk bisa menciptakan lapangan kerja baru, sehingga memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat.

Mantan Menpora era Kabinet Pembangunan VI itu mengatakan, banyak potensi di desa yang bisa diangkat untuk mewujudkan lapangan pekerjaan.

Satu di antaranya dengan memberdayakan produk lokal menjadi UMKM.

Cegah Politik Uang, Hayono Isman Minta Masyarakat Tak Jual Suara ke Peserta Pemilu

Kasus DBD Tinggi, DPW Nasdem Jatim Lakukan Fogging Gratis di Bojonegoro

Dengan begitu, menurut Hayono Isman, akan tercipta lapangan pekerjaan, sehingga mampu menjadian masyarakat mandiri secara ekonomi, tidak hanya mengandalkan pertanian.

"Masalahnya dana desa ini apakah mampu dimanfaatkan oleh desa untuk menjadi desa yang maju dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru atau tidak," kata Hayono Isman di Surabaya, Selasa (12/2/2019).

"Sehingga masyarakat desa tidak hanya bertumpu pada pertanian. Tapi juga usaha-usaha yang barangkali belum pernah terpikirkan di desa," sambungnya.

Wujudkan Kemandirian Ekonomi, Hayono Isman akan Buat UMKM Berdaya di Era Digital

Silaturahmi dengan 500 Abang Becak Madiun, Dossy Iskandar Buktikan Nasdem Dekat dengan Wong Cilik

Putra pejuang kemerdekaan, Mas Isman itu berharap, setiap desa di Jawa Timur bisa mengembangkan potensinya pada era revolusi industri 4.0, agar dapat mengimbangi kemajuan serta mengurangi pengangguran generasi pemuda desa.

Dikatakan Hayono Isman, penyerapan dan penggunaan Dana Desa (DD) di setiap daerah seharusnya bisa dimanfaatkan untuk membuat program pemberdayaan yang dapat menyejahterakan masyarakat di desa.

"Tidak bisa tidak, kebijakan pemerintah yang mengantisipasi revolusi industri 4.0 itu harus sampai ke desa. Karena itu, oleh pemerintah telah diawali dengan memberikan dana desa yang lebih dari satu miliar bagi setiap desa di seluruh Indonesia," ujarnya.

Hayono Isman akan Bentuk Hayono Center untuk Tampung Aspirasi Warga

Andik Vermansah Berharap Pemain Madura United Tak Cedera saat Laga Timnas U-22 Vs Madura United

Di sisi lain, Hayono Isman mencontohkan keberhasilan salah satu pembangunan desa adalah Desa Pujon Kidul di Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Menurutnya, kebijakan dana desa yang diimplementasikan oleh pemerintah Indonesia jika dimanfaatkan dengan efektif, maka memberikan kemajuan pada tingkat pendapatan desa itu sendiri.

"Oleh karena itu, saya pikir kita perlu mencermati perkembangan desa yang ada di Pujon Kidul Malang. Itu adalah desa yang pertumbuhannya tertinggi di Indonesia. Karena mampu mengelola dananya secara efektif," pungkas Hayono Isman.

Yuk Follow Instagram TribunJatim.com:

Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved