Hidupkan Remaja Gemar Baca, Pemuda Sekaran Lamongan ini Sulap Rombong Bakso Jadi Gerobak Ilmu

Ludi Ifranda (30) seorang pemuda desa asal Desa Kendal, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur untuk membangkitkan semangat gemar membaca.

Hidupkan Remaja Gemar Baca, Pemuda Sekaran Lamongan ini Sulap Rombong Bakso Jadi Gerobak Ilmu
surya/Hanif Manshuri
Ludi Ifranda dan Gerobak Pustakanya dengan ratusan judul buku yang digelarnya di pojok Desa Kendal Sakaran. 

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Kata Literasi dan sadar akan semakin kendurnya kalangan muda dan pelajar di desa untuk membacat, menggugah Ludi Ifranda (30) seorang pemuda desa asal Desa Kendal, Kecamatan Sekaran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur untuk membangkitkan semangat gemar membaca.

Ludi Ifranda harus merelakan gerobak bakso bekasnya disulap menjadi Gerobak Pustaka yang siap melayani masyarakat desa yang ingin membaca banyak disiplin ilmu.

Gerobak bekas itu dilukis sedemikian rupa dan nampak ramai dengan warna warni cat yang menjadikan gerobak itu nampak menarik.

Setiap hari Sabtu seperi hari ini dan Minggu, gerobak ilmu selaku parkir di pojok desa dengan sebanyak 500 judul buku yang boleh dibaca bebas.

Gerobak Pustaka itu sangat sederhana, sepintas seperti rombong bakso pada umumnya, namun di tangan Ludi rombong bakso bekas ini disulap menjadi gerobak padat ilmu.

"Ide ini muncul, ketika banyak kalangan anak muda dan pelajar yang sudah mulai berkurang dalam membaca," kata Ludi, Sabtu (23/02/2019).

Kubu Jokowi-Maruf Surabaya Tanggapai Santai Laporan ke Bawaslu oleh BPP Prabowo-Sandi

Mulan Jameela Irit Bicara Usai Jenguk Ahmad Dhani di Rutan Medaeng

Zulkifli Hasan Siap Pasang Badan Untuk Ahmad Dhani, Jamin Penangguhan Penahanan Ahmad Dhani

Ikhtiar sederhana ini, diharapkan mampu mensembrani sekaligus untuk menumbuhkan minat baca di tengah - tengah masyarakat.

Ada banyak buku bacaan, mencapai ratusan judul buku yang ada di Gerobak Pustaka. Jika gemar membaca buku, maka banyak ilmu yang bisa peroleh.

"Yang saya bawa gratis, membaca tanpa bayar," katanya.

Setiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu, gerobak pustaka ia bawa ke salah satu taman kampung yang berada di pojok desa dekat tanggul dan sircuit mini, tempat Ludi berdomisili. Lokasi taman itu pilih karena banyaknya warga datang menghabiskan akhir pekan di taman, selain mereka bersantai sembari melihat pemandangan panorama alam, masyarakat yang berkunjung juga bisa membaca buku yang sudah disedia.

Halaman
123
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: Yoni Iskandar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved