ITS Masuk Jajaran 200 an Universitas Terbaik Tingkat Asia Pasifik Versi Times Higher Education

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil masuk deretan universitas terbaik di tingkat Asia Pasifik versi Times Higher Education.

ITS Masuk Jajaran 200 an Universitas Terbaik Tingkat Asia Pasifik Versi Times Higher Education
gomuslim
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Upaya memasuki peringkat 500 teratas di dunia telah dimulai Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dengan berhasil masuk deretan universitas terbaik di tingkat Asia Pasifik versi Times Higher Education (THE) World University Rankings.

THE merupakan satu di antara lembaga kredibel di dunia dalam menyajikan data kinerja universitas, khususnya pada pemeringkatan universitas top global.

Pada hasil pengumuman lembaga perankingan universitas dunia versi majalah Times di Sidney, Australia, Rabu (20/2/2019) lalu, ITS berhasil menempati posisi 201-250 THE Asia Pacific Rankings 2019.

Terapkan Aturan Khusus, Unair dan ITS Makin Selektif Terima Pendaftar SNMPTN, Ini Formulasinya

Jadi Juara Shell Eco-marathon 2018, Tim Sapuangin ITS Kunjungi Markas Ferrari di Itali

Atas pencapaian tersebut, ITS sebagai satu di antara perguruan tinggi di Indonesia sudah bisa sejajar dengan berbagai perguruan tinggi dunia yang memiliki reputasi global.

Di antaranya yang berada di peringkat 201-250 adalah Kumamoto University dari Jepang, Kyushu Institute of Technology dari Jepang, juga Incheon National University dari Korea Selatan.

Rektor ITS, Prof Joni Hermana mengungkapkan, adanya THE University Rankings ini merupakan angin segar bagi ITS.

Sebab, presentase penilaian lebih banyak ke reputasi akademik daripada persepsi hingga menduduki tiga besar di Indonesia.

“Ini sangat membanggakan bagi PTN yang tidak terlalu dikenal namanya, tetapi baik secara prestasi akademiknya,” tutur Guru Besar Teknik Lingkungan ITS tersebut.

ITS Buka Program Studi Baru Tahun 2019, S1 Studi Pembangunan

4 Departemen di ITS Siap Diakreditasi AUN-QA, Mulai Departemen Matematika hingga Teknik Perkapalan

Joni juga mengatakan, bahkan karena saking selektifnya THE Rankings ini, hanya ada lima PTN Indonesia yang baru masuk dalam sistem perankingan ini.

Yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Halaman
12
Penulis: Sulvi Sofiana
Editor: Arie Noer Rachmawati
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved