Kurangi Pencemaran Lingkungan, Hayono Isman Ajak Warga Daur Ulang Sampah Plastik

Kurangi Pencemaran Lingkungan, Hayono Isman Ajak Warga Daur Ulang Sampah Plastik.

Kurangi Pencemaran Lingkungan, Hayono Isman Ajak Warga Daur Ulang Sampah Plastik
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Hayono Isman, Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) era Kabinet Pembangunan VI. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Tokoh masyarakat, Hayono Isman mengimbau seluruh masyarakat Surabaya dan Sidoarjo untuk tidak mencemari lingkungan dengan berbagai sampah, utama sampah plastik.

Itu bisa dilakukan salah satunya dengan mendaur ulang sampah jadi produk yang bermanfaat.

"Jangan sampai kita mencemari lingkungan dengan sampah. Perlunya mengolah sampah dapat mengurangi pencemaran lingkungan. Saya mengajak supaya sampah plastik dimanfaatkan oleh masyarakat jadi produk," kata Hayono, di Surabaya. Kamis, (28/02/2019).

Di era Globalisasi, Hayono Isman Optimistis Jawa Timur Jadi Lokomotif Kebangkitan Ekonomi

Menurut mantan Menpora era Kabinet Pembangunan VI itu, sampah-sampah plastik sulit diurai sehingga keberadaannya sering menimbulkan permasalahan bagi lingkungan.

Hayono berharap agar masyarakat lebih sadar dalam menjaga kebersihan lingkungan, khususnya di tempat-tempat wisata. Di sisi lain, kebiasaan membuang sampah di sungai juga cukup memprihatikan.

Ajak Milenial Jadi Pengusaha, Hayono Isman Ingin Pemuda Jadi Penggerak Ekonomi

"Kesadaran kita dalam menjaga kebersihan lingkungan itu harus ditingkatkan, supaya tidak menyebabkan banjir akibat sungai-sungai yang tersumbat sampah," ungkapnya.

Putra pejuang kemerdekaan, Mas Isman itu menegaskan, pengelolaan sampah yang baik dari hulu sampai hilir harus dapat dilaksanakan. Sehingga benar-benar mengetuk kesadaran bersama tentang pentingnya menjaga lingkungan.

Selain itu, juga diharapkan peran aktif semua pihak, baik dari pemerintah, masyarakat, maupun dunia usaha dalam pengelolaan sampah.

"Jadi saya mengajak masyarakat dan pemerintah untuk bisa membantu mengumpulkan sampah dan mengolahnya jadi bahan-bahan produk yang bisa kembali bermanfaat bagi masyarakat," pungkasnya.

Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved