Dishub Jatim Sudah Diminta Lakukan Persiapan untuk Mudik Lebaran, Kadin: Segera Ditindaklanjuti

Kemenhub melalui Dirjen Hubdar meminta kepada Dinas Perhubungan Provinsi Jatim untuk mulai melakukan persiapan mudik lebaran.

Dishub Jatim Sudah Diminta Lakukan Persiapan untuk Mudik Lebaran, Kadin: Segera Ditindaklanjuti
TRIBUNJATIM.COM/SOFYAN ARIF CANDRA SAKTI
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Fattah Jasin 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) sudah meminta kepada Dinas Perhubungan Provinsi Jatim untuk mulai melakukan persiapan mudik lebaran yang kurang tiga bulan lagi.

"Edaran tersebut akan kami tindaklanjuti dan juga akan kami sebarkan ke dinas perhubungan yang ada di kabupaten kota," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Fattah Jasin, Selasa (5/3/2019).

Salah satu isi dari edaran tersebut adalah Dirjen Hubdar meminta data terkait titik-titik yang rawan macet, kecelakaan, dan gangguan lalu lintas yang lain.

"Mana yang kira-kira bisa diantisipasi terhadap lonjakan-lonjakan jumlah kendaraan tersebut," kata Fattah Jasin.

Baru Dibuka Sehari, Tiket KA H-10 Lebaran Malang-Jakarta Ludes Hanya Dalam Waktu 2 Jam

Fattah Jasin juga mengatakan, adanya jalan tol memang bisa memperlancar arus perjalanan, mulai dari Jakarta-Surabaya dan Surabaya bisa sampai Probolinggo.

Namun di titik-titik tertentu, baik di Jalan Tol maupun non tol lanjut Fattah Jasin, tetap diminta dilakukan pengawasan.

Dishub Jatim juga diminta untuk mengoptimalkan rest area di luar jalan tol untuk  beristirahat para pengemudi.

"Saat ini jalan tol kan sudah berfungsi, dan ada rest area-rest area yang sudah disiapkan oleh operator, tapi yang diluar jadi perhatian kita untuk bisa menyediakan rest area," ucapnya

Terakhir, terhadap moda angkutan yang beroperasi untuk barang dan jasa, kata Fattah akan dilarang beroperasi mulai H-7 sampai H+7, seperti tahun kemarin.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved