Kota Blitar Dilanda Banjir, Hujan Deras Juga Sebabkan Tanah Longsor

Selain banjir, hujan yang mengguyur wilayah Kota Blitar sejak Rabu (6/3/2019) sampai Kamis (7/3/2019), juga menyebabkan tanah longsor. Peristiwa tana

Kota Blitar Dilanda Banjir, Hujan Deras Juga Sebabkan Tanah Longsor
Surya/samsul hadi
Kondisi tanah longsor di Jl Singo Dongso, Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Kamis (7/3/2019). 

 TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Selain banjir, hujan yang mengguyur wilayah Kota Blitar sejak Rabu (6/3/2019) sampai Kamis (7/3/2019), juga menyebabkan tanah longsor. Peristiwa tanah longsor terjadi di Jl Singo Dongso, Kelurahan Gedog, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar.

Peristiwa tanah longsor membuat bagian belakang bangunan rumah milik Prayogo, warga Jl Singo Dongso, ikut rusak. Bangunan pagar dan kamar mandi rumah Prayogo ikut terbawa tanah longsor.

"Khawatirnya terjadi longsor susulan. Kalau longsor lagi, bangunan rumahnya ikut ambrol," kata Kepala Bakesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Kota Blitar, Hakim Sisworo.

Hakim mengatakan petugas PBD sudah mengecek ke lokasi longsor. Untuk sementara, petugas memasang terpal di atas bagian tanah yang longsor. Terpal itu untuk mengantisipasi jika turun hujan bagian tanah yang longsor tidak terkena air. Lebar tanah yang longsor mencapai 15 meter dengan ketinggian sekitar 10 meter.

"Rencananya, besok, warga dan petugas melakukan kerja bakti di lokasi longsor. Lalu, Minggu (10/3/2019), kami akan memasang bronjong penahan tanah di lokasi," ujar Hakim.

Satu Keluarga di Kediri Diduga Mengidap TBC

Wanita dan Balitanya Asal Jabar Terlantar Selama 3 Hari di Lamongan, Polisi Akan Berbuat ini

Chef Juna Salah Tingkah dengan Tingkah Genit Peserta MasterChef: Tapi Saya Tidak Suka Jawabannya

Hakim juga meminta pemilik rumah waspada. Ketika terjadi hujan deras, dia meminta pemilik rumah segera mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Kalau tidak hujan, bangunannya masih aman ditempati. Tapi, kami tetap meminta pemilik rumah untuk waspada," katanya kepada Tribunjatim.com.

Selain di Kelurahan Gedog, Hakim mengatakan PBD juga menerima laporan tanah longsor di Kelurahan Tanggung, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar. Informasinya, pondasi jembatan di sebelah utara SMAN 2 di Kelurahan Tanggung juga longsor.

"Masih kami cek, kami belum tahu kondisinya," ujarnya kepada Tribunjatim.com.

Sebelumnya, hujan yang mengguyur wilayah Kota Blitar mulai Rabu (6/3/2019) sampai Kamis (7/3/2019) membuat beberapa saluran air meluap. Akibatnya, sejumlah ruas jalan di wilayah Kota Blitar tergenang air.

Sejumlah ruas jalan jalan yang tergenang, yaitu, Jl Anggrek, Jl Veteran, Jl Mastrip, Jl Merdeka, Jl Sudanco Supriyadi, dan Jl Melinjo. Selain itu, kawasan permukiman di Kelurahan Tlumpu, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, juga kebanjiran.

Kondisi genangan paling parah terjadi di Jl Mastrip dan Jl Anggrek. Genangan air di Jl Mastrip dan Jl Anggrek mencapai 30 sentimeter. Genangan air di Jl Mastrip masih terjadi hingga Kamis (7/3/2019) pagi. Genangan air membuat arus lalu lintas terganggu. (sha/TribunJatim.com).

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved