BMKG Keluarkan Peringatan Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi, Satu di Antaranya di Jawa Timur

Diperkirakan tanggal 8-14 Maret 2019 akan berpotensi hujan lebat di sebagian wilayah Pulau Jawa, juga untuk wilayah Indonesia bagian Tengah dan Timur.

BMKG Keluarkan Peringatan Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi, Satu di Antaranya di Jawa Timur
Tribun Jatim/Ndaru Wijayanto
Ilustrasi - Kondisi Langit di Jalan Diponegoro Surabaya Kamis (16/3/2017) pukul 15.30 WIB. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat keluarkan peringatan waspada potensi bencana hidrometeorologi yang masih berlanjut untuk wilayah Indonesia, Sabtu (9/3/2019).

Melalui rilis yang diterima TribunJatim.com pada Sabtu (9/3/2019) mengatakan, Madden Julian Osciliation (MJO) yang memberikan dampak berupa peningkatan curah hujan beberapa hari lalu di wilayah Indonesia bagian barat saat ini bergerak ke arah timur.

Sehingga diperkirakan mulai tanggal 8-14 Maret 2019 akan berpotensi hujan lebat di sebagian wilayah Pulau Jawa, juga untuk wilayah Indonesia bagian Tengah dan Timur.

Warga yang Diselamatkan Pengendara Ceritakan Detik-detik Terjebak Banjir di Persawahan Tol Ngawi

Cegah Air Masuk Tol Surabaya-Madiun Kembali, PT JNK Pasang Tanggul dari Sandbag Setinggi 90 CM

Di antaranya wilayah DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Di periode yang sama, juga diprediksi terdapat beberapa sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi yang berdampak meningkatnya potensi curah hujan meski cenderung singkat.

Daerah yang terdampak fenomena ini adalah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, dan DKI Jakarta.

Tol Surabaya-Madiun KM 603-604 Sudah Bisa Dipakai, Masih Ada Genangan, Pengendara Diminta Hati-hati

Banjir Sudah Surut, UTS Siswa SD di Trenggalek Ditunda untuk Bersih-bersih Ruang Kelas

Tidak hanya itu, potensi gelombang laut tinggi sekitar 2,5 hingga 4,0 meter diprediksi juga akan terjadi.

Di antaranya di Perairan Selatan Jawa Timur hingga Pulau Sumbawa, Selat Bali-Selat Lombok-Selat Alas bagian Selatan, Samudera Hindia Selatan Jawa Timur hingga NTB, Laut Flores bagian Timur, Perairan Wakatobi, Laut Banda, dan Perairan Selatan Ambon.

BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada, karena dampak dari potensi hidrometeorologi terusan tersebut menyebakan curah hujan tinggi yang dapat memicu bencana hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, petir, dan jalan licin.

Yuk Follow Instagram TribunJatim.com:

Penulis: Kukuh Kurniawan
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved