Duta Seni Kabupaten Tulungagung Tampilkan Drama Tari ‘Kidung Asmoro Joko Tawang’ di TMII Jakarta

‘Kidung Asmoro Joko Tawang’ sebagai repertoar utama, grup kesenian ini juga menyajikan tari ‘Reog Binarung’, tari ‘Marucul’, dan tembang ‘Tulungagung

Duta Seni Kabupaten Tulungagung Tampilkan Drama Tari ‘Kidung Asmoro Joko Tawang’ di TMII Jakarta
istimewa
sandiwara tari ‘Kidung Asmoro Joko Tawang’ yang digelar di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (17/03/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pentingnya memahami seni pertunjukan sebagai karya kolektif. Bahwa suksesnya sebuah pertunjukan diantaranya ditentukan oleh fungsi manajemen.

Fungsi tersebut meliputi elemen artistik dan non-artistik, antara lain, directing (penyutradaraan), keaktoran-keaktrisan, tata musik, tata panggung, tata cahaya, tata artistik (kostum, rias, properti), dan elemen lainnya.

Selain itu, premis yang menjadi landasan gagasan, tema cerita juga ikut menentukan. Gagasan inilah yang kemudian dituangkan ke dalam dialog, gerak/tari, plot, konflik, emosi, setting, karakter, opening dan ending.

Elemen seni pertunjukan ini berhasil dikemas secara apik melalui sandiwara tari ‘Kidung Asmoro Joko Tawang’ yang digelar di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (17/03/2019).

Duta seni dari Kabupaten Tulungagung ini tampil menarik. Acara tersebut dihelat dalam rangka mengisi Paket Kesenian Daerah -- Anugerah Duta Seni Budaya Jawa Timur yang diselenggarakan Badan Penghubung Daerah Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Selain drama tari ‘Kidung Asmoro Joko Tawang’ sebagai repertoar utama, grup kesenian ini juga menyajikan tari ‘Reog Binarung’, tari ‘Marucul’, dan tembang ‘Tulungagung Kota Budaya’.

Dengan berbagai gerakan yang energik, serta kostum full-color, tari ‘Reog Binarung’, tampil sangat menghibur serta mencuri perhatian. Gendang misalnya, tidak hanya menjadi instrumen musik, melainkan menciptakan inovasi gerakan-gerakan estetis.

Ahli ITE Lulusan SI Kimia, Langsung Ditolak Kuasa Hukum Ahmad Dhani

Sebelum Jalani Sidang, Ahmad Dhani Tunjukkan Surat Untuk Capres 02 Prabowo Subianto

Paduan Suara Fatayat Galis Bangkalan Nyatakan Dukungan untuk Jokowi-Maruf Amin pada Pilpres 2019

Tarian ini semakin memperkuat performa dan eksistensi duta seni dari Kabupaten Tulungagung ini.

Para seniman yang terlibat di pergelaran ini, antara lain; Yayak Priasmara, S.Pd (Penulis Cerita & Sutradara), Hapsari Mustikaningrum (Penata Tari, Penata Panggung, dan Artistik), Yuliati Setya Palupi S, Pd dan Adi Prasetyo (Penata Kostum, dan Penata Rias), Irwanto (Penata Musik), serta puluhan pengrawit, penyanyi dan penari.

Duta seni dari Kabupaten Tulungagung ini di bawah pembinaan langsung Plt. Bupati Tulungangung, Drs. Maryoto Birowo, MM. Bertindak sebagai Penasehat, Drs. Heru Santoso, MM (Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Kebudayaan dan Pariwisata), Penanggungjawab, Ariyang Pramesti, SE (Kepala Bidang Budaya dan Pariwisata), dan Kepala Seksi Pembinaan Kesenian, Amiarso Rudi Suprayitno, S.Pd, selaku Pimpinan Produksi.

Halaman
123
Penulis: Yoni Iskandar
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved