Dispendukcapil Terkendala Data Saat Rekam e-KTP di Lapas Sidoarjo, Kerap Lupa Alamat & Nomer KK

Dispendukcapil Terkendala Data Saat Rekam e-KTP di Lapas Sidoarjo, Kerap Lupa Alamat & Nomer KK.

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Sudarma Adi
TRIBUNJATIM.COM/KUKUH KURNIAWAN
Kepala Dinas Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo, Medi Yulianto Saat Memantau Perekaman Warga Binaan Lapas Sidoarjo, Sabtu, (23/03/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Sidoarjo terkendala data ketika melakuka perekaman e-KTP terhadap warga binaan pemasyarakatan.

Kepala Dinas Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo, Medi Yulianto mengatakan warga binaan sering lupa dengan alamat tinggal, nama orang tua atau nomer kartu keluarga (KK).

"Kalau sudah begitu, pihaknya harus mencari di database kependudukan di komputer. Harus telaten," ujarnya kepada TribunJatim.com saat melakukan perekaman di Lapas Sidoarjo, Sabtu (23/03/2019).

Bupati Saiful Ilah Siapkan 7000 Porsi Makanan Gratis di Penutupan HUT ke-160 Sidoarjo, Baca Ini

Pria di Jabon Sidoarjo Ditemukan Gantung Diri, Ada Surat Wasiat Titip Anak dan Tanggungan Hutang

Ia mengatakan, akibat pencarian data tersebut, mau tidak mau kegiatan perekaman baik di lapas atau rutan memakan waktu cukup lama.

"Ya memang harus dilihat satu persatu. Nantinya kita akan beritahu ke warga binaan sudah melakukan perekaman tapi belum mencetak atau belum melakukan perekaman sama sekali," tambahnya.

Museum Mpu Tantular Sidoarjo Kekurangan Tenaga Ahli Konservator & Kurator, Banyak yang Sudah Pensiun

Pihaknya pun juga mengatakan Dispendukcapil dapat melakukan perekaman sekaligus mencetak langsung e-KTP di tempat.

"Jadi bila warga binaan belum melakukan perekaman bisa langsung melakukan perekaman sekaligus mencetak e-KTP. Nantinya e-KTP yang telah jadi dititipkan kepada petugas rutan atau lapas," jelasnya.

Medi mengatakan pihaknya akan terus berkomitmen agar warga binaan yang berasal dari wilayah Sidoarjo sudah memiliki e-KTP semua.

"Apalagi ini kan jelang Pemilu 2019. Kasihan kalau tidak bisa sampai menggunakan hak suaranya hanya karena belum memiliki e-KTP," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved