Gubernur Jatim Khofifah Cairkan Program PKH Plus, Lansia Diberi Tunjangan Rp 2 Juta Pertahun

Janji kampanye Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mulai direalisasikan satu per satu di masa seratus hari kerjanya.

Gubernur Jatim Khofifah Cairkan Program PKH Plus, Lansia Diberi Tunjangan Rp 2 Juta Pertahun
SURYA.CO.ID/FATIMATUZ ZAHROH
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat memberikan pencairan program PKH Plus untuk lansia untuk lansia Kabupaten Kediri yang masuk di Bakorwil Madiun, Kamis (28/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Janji kampanye Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mulai direalisasikan satu per satu di masa seratus hari kerjanya. 

Hari ini, Kamis (28/3/2019), satu di antara program yang masuk dalam janji kampanye Khofifah di Jatim Sejahtera yaitu Program Keluarga Harapan (PKH) Plus untuk lansia mulai direalisikan.

Gubernur Jatim Khofifah menyerahkan langsung secara simbolis program bantuan PKH Plus untuk lansia itu pada sepuluh orang warga Kabupaten Kediri usia lanjut yang dinyatakan layak untuk menerima porgram pengentasan kemiskinan Jawa Timur tersebut.

"Ini adalah program PKH Plus, baru pertama kali di Indonesia dan kita mulai di Madiun," kata Khofifah.

"Ini adalah program yang kita turjnkan untuk memutus mara rantai kemiskinan lewat keluarga PKH yang ada lansianya," lanjut gubernur perempuan pertama Jawa Timur tersebut.

Gubernur Khofifah Tegur Kota Surabaya di HUT Satpol PP Se-Jatim di Madiun

Gubernur Jatim Khofifah Ingatkan Pentingnya Peran Media Mainstream di Tengah Era Post Truth

Lebih lanjut di tahap pertama penyaluran PKH Plus ini ada sebanyak 6702 lansia di Kabupaten Kediri dari wilayah Bakorwil Madiun yang mendapatkan PKH Plus.

Para lansia penerima manfaat itu akan mendapatkan uang yang ditransfer melalui bank. Jumlahnya Rp 2 juta per tahun. Yang pencairannya dilakukan setiap tiga bulan sekali.

"Bapak sudah pernah punya rekening belum. Di sini untuk pencairan pertama dimasukkan ke rekening Rp 500 ribu. Totalnya Rp 2 juta per tahun, nanti tiga bulan lagi akan ditransfer lagi ke rekening," kata Khofifah pada Siram, warga Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri saat memberikan buku rekening dan pencairan PKH Plus tahap pertama.

"Mau dipakai apa uangnya pak?" tanya Khofifah.

Tidak hanya mendapatkan pencairan dana program PKH Plus, para lansia yang diserahkan bantuannya oleh Khofifah itu juga diberi bantuan berupa paket sembako.

"Uangnya nanti bisa dipakai beli beras, beli telur, beli minyak goreng," tambahnya.

Sementara itu, Siram, warga penerima PKH Plus untuk lansia itu mengaku gembira bisa mendapatkan batuan dari pemerintah. Pasalnya sebelumnya ia belum pernah mendpatkan bantuan semacam ini.

"Baru kali ini dapat bantuan. Dan belum pernah punya rekening. Alhamdulillah bisa juga untuk bayar anak sekolah," ucapnya.

Menurutnya dana bantuan sebanyak Rp 2 juta per tahun sudah lumayan banyak untuk membantu perekonomian keluarga. Ia mengaku bersyukur mendapatkan manfaat dari pencairan pertama program PKH Plus untuk lansia ini.

(fz/fatimatuz zahroh)

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved