Peringati Earth Hour 2019, MUA Fanny Tan Gunakan Makeup Airbrush yang Vegan dan Cruelty, Cobain Yuk!

Make Up Artist (MUA) Fanny Tan berkolaborasi bersama desainer Embran Nawawi untuk mewujudkan 'Zero Waste Lifestyle', oleh Best Western Papilio Hotel.

ISTIMEWA
Ilustrasi wajah 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Make Up Artist (MUA) Fanny Tan berkolaborasi bersama desainer Embran Nawawi untuk mewujudkan tema 'Zero Waste Lifestyle', yang diusung oleh Best Western Papilio Hotel untuk memperingati Earth Hour 2019.

Fanny mengatakan, makeup airbrush berbeda dengan makeup biasa, karena dijamin vegan dan cruelty-free, alias tidak dites pada hewan.

"Jadi bahan makeup ini tidak ada unsur penyiksaan hewan. Sedangkan untuk makeup vegan, biasanya yang vegan kan hanya bedak, kalau saya airbrush jadi mulai dari eyeliner, alis, foundation, kontur, semuanya, itu vegan," jelasnya dalam konferensi pers 'Zero Waste Lifestyle' di Best Western Papilio Hotel, Jumat (29/3/2019).

Ia tidak meneliti lebih dalam soal bahan-bahan yang digunakan dalam airbursh.

TIPS CANTIK HARI INI - Pengaplikasian Daily Makeup Ala Y.O.U Makeups, Glowing Tapi Tetap Natural

TIPS CANTIK HARI INI - Tampil Natural Glow Kurang dari 10 Menit Ala Y.O.U Makeup Artist, Yuk Cobain!

Namun, pabrik airbrush rata-rata sudah menasbihkan diri sebagai pabrik yang tidak melakukan tes pada hewan.

"Kalau pabrik makeup biasa, misalnya untuk mendapatkan warna merah, itu biasanya dari kepik. Untuk setengah kilogram warna merah, butuh 70.000 ekor kepik. Nah, jahatnya di situ. Dan belum tentu semua orang cocok, banyak yang menunjukkan reaksi alergi," jelasnya.

Setelah menggunakan hewan sebagai bahan, kata Fanny, hewan juga digunakan sebagai percobaan karena kulitnya memiliki beberapa unsur yang sama seperti manusia, seperti monyet, tikus dan kelinci.

Kelebihan lain dari makeup airbrush, adalah hasilnya lebih ringan, tahan air dan sangat tahan lama.

"Hanya saja, makeup airbrush memang lebih mahal dibanding yang biasa," ucapnya.

Ia pun berharap masyarakat bisa memilih produk kosmetik dengan bijak, kalaupun bukan airbrush, bisa memilih produk dengan jaminan vegan dan cruelty-free.

Penulis: Delya Octovie
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved