Dinas Kesehatan Jawa Timur Suplai Obat-obatan untuk Warga Terdampak Erupsi Gunung Bromo

Dinas Kesehatan Jawa Timur melaporkan hingga kini belum ada masyarakat yang terdampak penyakit berupa gangguan pernapasan.

Dinas Kesehatan Jawa Timur Suplai Obat-obatan untuk Warga Terdampak Erupsi Gunung Bromo
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Petugas saat mendekati patok larangan berada di area kawah Gunung Bromo, yang menunjukkan intensitas letusannya, Selasa (19/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sejak awal erupsi Gunung Bromo, Dinas Kesehatan Jawa Timur melaporkan hingga kini belum ada masyarakat yang terdampak penyakit berupa gangguan pernapasan.

Meski begitu, pihaknya hingga kini masih aktif untuk melakukan pemantauan dan berjaga jika ada laporan butuh obat-obatan dan penanganan.

"Sampai sekarang tidak ada laporan warga yang terpengaruh debu dan menyebabkan gangguan pernapasan. Kami belum mendapat laporan. Jadi tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, Kohar Hari Santoso saat diwawancara di Jatim Expo Surabaya, Sabtu (30/3/2019).

Pemkot Surabaya akan Bangun Rumah Pompa Indukan untuk Atasi Luapan Air Laut

Pihaknya mengaku terus melakukan update kondisi di dua wilayah terdampak langsung erupsi Gunung Bromo, yaitu di Kabupaten Probolinggo maupun Kabupaten Pasuruan.

Berdasarkan laporan, status Gunung Bromo waspada level II dan radius aman yang telah ditetapkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Bromo berada di sekitar 1 kilometer.

Dari Dinas Kesehatan Jawa Timur sendiri, dikatakan Kohar, menyebut pelayanan kesehatan yang ada tiap desa sekitar Gunung Bromo masih dianggap mampu menangani, sehingga pihaknya mengaku belum mengirim tim tambahan.

Viral Wisatawan Asing Nekat Terobos Petugas untuk Dekati Kawah Gunung Bromo yang Erupsi

"Sehingga kami belum bergerak mengirim tim," ungkapnya.

Namun untuk suplai obat-obatan tetap dilakukan.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, Kohar Hari Santoso saat ditemui di Jatim Expo Surabaya, Sabtu (30/3/2019).
Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, Kohar Hari Santoso saat ditemui di Jatim Expo Surabaya, Sabtu (30/3/2019). (SURYA/FATIMATUZ ZAHROH)

Pada Kamis (28/3/2019) kemarin, Dinas Kesehatan Jawa Timur juga telah mengirim bantuan yang meliputi salep mata, vitamin, dan masker.

Ada juga bantuan makanan sehat bagi balita dan ibu hamil.

BMKG Juanda Pastikan Wilayah Kota Surabaya Aman dari Debu Vulkanik Gunung Bromo

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Dwi Prastika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved