Pria dari Jember Ini Tipu Pegadaian di Malang Dengan Gadaikan Gelang Tembaga Dilapisi Emas

Pria dari Jember Ini Tipu Pegadaian di Malang Dengan Gadaikan Gelang Tembaga Dilapisi Emas.

Pria dari Jember Ini Tipu Pegadaian di Malang Dengan Gadaikan Gelang Tembaga Dilapisi Emas
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Jajaran Unit Reskrim Polsek Turen menangkap Sinwani Ragil bin Misnadi warga Desa Kemuningsari Lor, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Sabtu (30/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Jajaran Unit Reskrim Polsek Turen menangkap Sinwani Ragil bin Misnadi warga Desa Kemuningsari Lor, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember, Sabtu (30/3/2019).

Pria berusia 44 tahun tersebut ditangkap karena diduga melakukan tindak pidana penipuan.

Kanitreskrim Polsek Turen Iptu Soleh Mas'udi menjelaskan, modus tersangka dalam melancarkan aksinya adalah dengan alibi membutuhkan sejumlah uang.

Wali Kota Malang Sutiaji Raih Indonesia Vision Leadership Award

Ada Perubahan Pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian di Malang Tahun 2019, Teori dan Praktik Diujikan

Sehingga tersangka nekat menggadaikan perhiasan diduga gelang emas palsu.

"Kala itu Rabu tanggal 27 Maret 2019, tersangka datang ke kantor Pegadaian Unit Turen dengan berpura-pura akan menggadaikan sebuah gelang yang disebutnya gelang emas asli.

Pro Kontra Kebijakan Kawasan Berstiker Universitas Brawijaya Malang Menurut Mahasiswa

Nah dari hasil pengecekan awal oleh petugas pegadaian pada bagian permukaan gelang,  saat itu diketahui merupakan gelang emas kadar 22 karat seberat 23.82 gram. Sehingga terjadi kesepakatan pinjaman sebesar Rp 11.150.000," terang Soleh ketika dikonfirmasi, Senin (1/4/2019).

Soleh menambahkan, beberapa hari berselang tepatnya pada Selasa (29/3/2019), atas saran dari Pegadaian Cabang Kota Lama Kota Malang, agar melakukan pemeriksaan kembali terhadap gelang dari tersangka.

Kemudian diketahui gelang tersebut bukan merupakan gelang emas asli melainkan gelang tembaga yang pada bagian permukaanya dilapisi emas 22 karat.

"Sehingga atas perbuatan tersangka telah menimbulkan kerugian terhadap Pegadaian sebesar Rp 11.300.000," ungkap Soleh.

Kemudian berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, tersangka diamankan oleh petugas. Soleh menuturkan, dari keterangan tersangka mengaku bahwa gelang yang digadaikan tersebut adalah gelang tembaga yang dilapisi emas.

"Tersangka mengaku itu merupakan gelang emas palsu yaitu gelang tembaga yang dilapisi emas. Tujuannya untuk mengelabui pihak penerima gadai," imbuh Soleh.

Atas penangkapan tersebut, petugas mengamankan barang bukti dari saksi pelapor berupa Foto Copy Surat Bukti Gadai dan Foto Copy KTP an Sugeng Sampurno. Serta dari tangan tersangka Uang tunai Rp 229.000, yang merupakan sisa uang hasil menggadaikan gelang dan kemeja warna putih motif.

"Akibat perbuatannya tersangka dijerat Pasal 378 KUHP," tandas Soleh. 

Penulis: Erwin Wicaksono
Editor: Sudarma Adi
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved