Rumah Politik Jatim

Cinta Budaya, Caleg NasDem Hayono Isman Ingin Bangkitkan Minat Pemuda Terhadap Seni Karawitan Jawa

Calon Anggota DPR RI Dapil Jatim I dari Partai NasDem, Hayono Isman mendukung pengembangakan seni dan budaya asli daerah

Cinta Budaya, Caleg NasDem Hayono Isman Ingin Bangkitkan Minat Pemuda Terhadap Seni Karawitan Jawa
ISTIMEWA/TRIBUN JATIM
Calon Anggota DPR RI Dapil Jatim I, Hayono Isman didampingi istrinya (Poppy Puspitasari) menyaksikan seni karawitan, di Rumah Nusantara Jokma Jatim. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Calon Anggota DPR RI Dapil Jatim I dari Partai NasDem, Hayono Isman mendukung pengembangakan seni dan budaya asli daerah. Hal ini guna merawat khazanah budaya dan tradisi masyarakat yang majemuk.

Mantan Menpora era Kabinet Pembangunan VI ini mengatakan, di tengah tantangan globalisasi, masyarakat harus memiliki semangat untuk mampu menjaga dan mengembangkan seni, budaya serta tradisi dengan baik.

Hayono Isman berharap, budaya dan kesenian daerah terus ditingkatkan.

"Kita jangan hanya melestarikan dan mempertahankan budaya adiluhung dari leluhur kita. Tetapi yang paling penting adalah meningkatkan budaya dan kesenian kita supaya menjadi lebih diminati oleh generasi penerus bangsa," kata Hayono Isman, saat berkunjung ke Rumah Nusantara Jokma Jatim, Senin, (02/03/2019).

NasDem Jatim Yakini Elektabilitas Jokowi Menanjak Pasca Kampanye Akbar, Beberkan Rencana Selanjutnya

Caleg Partai NasDem Hayono Isman Dorong Koperasi Berbasis Digital Demi Perkuat Ekonomi Masyarakat

"Bagi saya, kalau hanya bertahan budaya dan kesenian kita kemungkinan akan menjadi lonceng kematian. Jadi, jangan hanya bertahan tetapi juga harus berkembang," lanjutnya.

Hayono Isman menambahkan, kesenian seperti Karawitan atau seni gamelan harus terus dikembangkan seiring kemajuan zaman. Sehingga dengan demikian, kesenian yang ada akan terus dicintai dan tidak akan ditinggalkan oleh masyarakat.

"Karawitan ini dari seni budaya luhur, harus dipastikan dapat menyesuaikan dengan kemajuan zaman apapun. Terutama di zaman now, karena itu adalah ciri kita sebagai orang Indonesia," tuturnya.

BREAKING NEWS: Warga Udanawu Blitar Digegerkan dengan Penemuan Mayat dalam Koper di Pinggir Sungai

Polisi Ungkap Motif Pembunuhan Mayat Laki-Laki yang Ditemukan di Jembatan Gadang, Sebut Soal Dendam

Terungkap, Mayat Laki-Laki yang Ditemukan Membusuk di Kamar Kos Tulungagung Gunakan Identitas Palsu

Lebih lanjut, politisi senior itu menegaskan, jika ingin mempertahankan nama Indonesia. Maka mau tidak mau, budaya yang telah menjadi warisan leluhur ini harus senantiasa terus dikembangkan.

Untuk itu, Hayono Isman berupaya mendorong sekolah-sekolah tidak hanya mengajak ilmu-ilmu pasti tapi juga seni. Paling tidak agar siswa bisa mencintai kekayaan budaya bangsa.

"Bagaimanapun kemajuan bangsa kita. Kualat kalau kita melupakan budaya leluhur. Kita harus tetap menghormati dan menghargai budaya bangsa kita," ungkapnya.

Selain itu, putra pejuang kemerdekaan, Mas Isman tersebut juga akan mengoptimalkan berbagai potensi daerah yang dimiliki Surabaya dan Sidoarjo, mulai dari seni dan budaya, perekonomian dan sektor potensial lainnya.

"Kalau kita ingin jadi bangsa besar, maka hargailah seni budaya kita. Karena itulah yang wajib kita lakukan agar bisa hidup aman, tentram dan sejahtera," pungkasnya.

Calon Anggota DPR RI Dapil Jatim I, Hayono Isman didampingi istrinya (Poppy Puspitasari) menyaksikan seni karawitan, di Rumah Nusantara Jokma Jatim.

Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved