Gubernur Jatim Khofifah Ingin Dunia Usaha Mulai Tertarik Kembangkan Pariwisata di Probolinggo

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memuji dan mengapresiasi bagaimana sektor privat berhasil mengembangkan dan menghidupkan wisata di Kota B

Gubernur Jatim Khofifah Ingin Dunia Usaha Mulai Tertarik Kembangkan Pariwisata di Probolinggo
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM
Petugas saat mendekati patok larangan berada di area kawah Gunung Bromo, yang menunjukkan intensitas letusannya, Selasa (19/3/2019). 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memuji dan mengapresiasi bagaimana sektor privat berhasil mengembangkan dan menghidupkan wisata di Kota Batu.

Sebagimana diketahui, pariwisata di Batu tumbuh pesat oleh sektor wahana wisata seperti yang digagas oleh Jatim Park Group, serta wisata kampung tematik yang juga diinisiasi oleh CSR perusahaan cat.

Atas keberhasilan ini, Khofifah mengajak sektor privat untuk menjadikan keberhasilan di Kota Batu sebagai role model guna dikembangkan di daerah lain.

Hal itu disampaikan Khofifah usai meresmikan Kampung Hijau Tempenosaurus di Desa Beji Kecamatan Junrejo Kota Batu, Sabtu (6/4/2019) sore.

"Ini akan jadi referensi. Kampung Jodipan ini sesuatu sekali. Sebab bukan hanya ngecat tapi juga memberikan pendampingan, dan ini berseiring membangun infrastruktur, budaya, dan pengembangan ekonomi," kata Khofifah kepada Tribunjatim.com.

Maka menurutnya partnership dengan dunia usaha serta dunia perguruan tinggi di Batu ini menjadi referensi bagi wilayah Jawa Timur yang lain terutama bagaimana mendayagunakan kmpung untuk bisa berdaya secara ekonomi.

"Untuk Kampung Hijau ini misalnya. Akan ada pendampingan industri tempenya. Itu akan menyatu dengan pengembangan wisata di Batu," ucapnya kepada Tribunjatim.com.

Gubernur Jatim Khofifah Potong Tempe Dinosaurus Terbesar di Dunia

Hujan Deras, 16 Titik Lokasi di Kota Malang Terendam Banjir

Belajar Capoeira Bersama Guru Besar Capoeira Asal Brazil

Kontinyuitas dalam pendampingan masyarakat lah yang menurutnya tidak mudah. Dan kesuksesan ini harus mainditularkan agar kabupaten kota lain yang ingin dikembangkan wisatanya bisa berhasil.

Daerah yang menurut Khofifah potensial untuk digarap menjadi wisata kampung tematik aadalah Kabupaten Probolinggo.

"Banyak titik yang belum terolah sinergi dengan dunia usaha namun potensial. Yaitu ada di Probolinggo. Mudah-mudahan dunia usaha di Probolinggo akan menyatu dengan dunia wisara dan perguruan tingginya," ucapnya.

Batu, dikatakan Khofifah, akan menjadi top reveral. Meski menginisiasi wisata berbasis perkampungan adalah hal yang tidak mudah, namun dunia usaha disarankan untuk menyontoh keberhasilan Kota Batu.(Fatimatuz zahroh/TribunJatim.com).

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved