Rumah Politik Jatim

Jumlah TPS Naik Dua Kali Lipat, PDIP Jatim Mulai Rekrut Saksi Baru untuk Kawal Jalannya Pemilu 2019

PDIP Jatim mulai merekrut saksi baru guna mengawasi berjalannya Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan serentak pada 17 April mendatang.

Jumlah TPS Naik Dua Kali Lipat, PDIP Jatim Mulai Rekrut Saksi Baru untuk Kawal Jalannya Pemilu 2019
ISTIMEWA/PDIP Jatim via Surya
Bambang Juwono. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - DPD PDI Perjuangan (PDIP) Jatim mulai merekrut saksi baru guna mengawasi berjalannya Pemilu 2019 yang akan dilaksanakan serentak pada 17 April mendatang.

Perekrutan saksi ini dilakukan karena jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang naik dua kali lipat menjadi 130.012 TPS akibat pembatasan DPT yang dibatasi menjadi 300 per TPS dari yang sebelumnya 600 DPT per TPS.

"Selain itu, kami juga menugaskan dua saksi per TPS, dari yang sebelumnya satu saksi per TPS karena ini kan Pemilunya serentak, Pilpres dan Pileg," kata Wakil Ketua DPD PDIP Jatim, Bambang Juwono, Selasa (9/4/2019).

PDIP Jatim Turunkan 260 Ribu Lebih Saksi untuk Kawal Pileg & Pilpres Pemilu 2019, Berikut Rinciannya

Hendak Nonton Final Arema FC Vs Persebaya Surabaya, Bonek Jember Ini Jatuh dari Truk dan Tewas

Pemilu Kian Dekat, PDIP Jatim Gelar Rakor Siapkan Saksi dan Badan Hukum

Jika pada Pemilu-pemilu sebelumnya, misalnya Pilbup/Pilwali atau Pilgub, PDIP Jatim cukup menyediakan satu saksi per TPS dan satu saksi yang lain dari partai koalisi.

"Ini kita dua saksi dari PDIP semua, yang satu konsen untuk Pilpres yang satunya lagi untuk Pileg," lanjutnya.

Logos, sapaan akrab Bambang Juwono mengatakan setidaknya DPD PDIP Jatim akan menyiapkan 260.420 saksi dengan estimasi 2 saksi di setiap TPS.

Kemudian akan ada ada koordinator desa yang berjumlah hampir 8.500 orang.

Rincian saksi PDIP Jatim di Pemilu 2019 di tingkat kecamatan 2.664 orang, dan saksi di KPU kabupaten/kota 152 orang, serta saksi di KPU provinsi 4 orang.

Kerja Lembur 70 Jam Tanpa Dibayar, Pria Ini Nekat Lakukan Karoshi, Bunuh Diri Terlalu Banyak Kerja

Terungkap File Rahasia CIA, Presiden Soekarno Pernah Menjadi Incaran Pembunuhan di Era Perang Dingin

Perekrutan saksi tersebut dilakukan bertahap sembari memperbaharui database saksi yang ada di DPD PDIP Jatim untuk dilaporkan ke DPP PDIP melalui Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) sebagai koordinator saksi Pemilu 2019.

Update database itu dilakukan, karena PDIP mempunyai saksi permanen yang bisa ditugaskan setiap Pemilu baik Pilkada, Pilpres maupun Pileg dan akan didata ulang setiap Pemilu akan berlangsung.

"Kami juga diperintahkan DPP untuk melatih saksi-saksi yang baru, sedangkan yang lama diupgrading," ucap Logos.

Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan saksi dalam pengawasan di TPS termasuk memberikan pengetahuan langkah-langkah apa yang harus dilakukan saat ada masalah.

"Saksi ini juga untuk mengkonsolidasikan partai, karena penentu kemenangan suara kan ada di TPS itu, setelah kita berjuang habis-habisan sosialisasi dan kampanye maka penentuannya di TPS," kata Caleg DPRD Jatim dari Dapil Jatim IX ini.

Penulis: Sofyan Arif Candra Sakti
Editor: Melia Luthfi Husnika
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved