Survei Universitas Muhammadiyah Surabaya: 98 Persen Masyarakat Jatim Masih Menerima Politik Uang

Penelitian yang dilakukan oleh lembaga milik Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) ini memotret potensi praktik kotor dalam pemilu 2019.

Survei Universitas Muhammadiyah Surabaya: 98 Persen Masyarakat Jatim Masih Menerima Politik Uang
Waspada Online
money politics 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pusat Studi dan Pengembangan Anti Korupsi dan Demokrasi (Pusad) merilis hasil survei terbarunya, Senin (8/4/2019).

Penelitian yang dilakukan oleh lembaga milik Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMSurabaya) ini memotret potensi praktik kotor dalam pemilu 2019.

Hasilnya, mayoritas masyarakat di Jatim ternyata mau menerima pemberian dari calon (money politic). Tak tanggung-tanggung, prosentasenya mencapai 98,2 persen dari total responden.

Adapun tiga daerah dengan prosentase potensi money politik tertinggi adalah Mojokerto (kabupaten), Bondowoso, dan Sumenep.

TERBONGKAR Peran & Sosok Pengeroyok Audrey Siswi SMP, Jeritan Hati Ibu Korban Saya Tidak Mau Damai

Purnawirawan TNI Bongkar Fakta Lain Kampanye Jokowi yang Membeludak, Sebut Drone Bakal Dilarang

"Kami menemukan pergerakan cukup signifikan bahwa masyarakat di daerah tersebut sangat menerima praktik money politic," kata Satria Unggul, Direktur Pusad UMSurabaya ketika dikonfirmasi di Surabaya, Senin (8/4/2019).

Meskipun demikian, masyarakat Jatim dinilai tetap rasional dalam menentukan pilihan.

"Kami memberikan catatan bahwa potensi money politic belum tentu berbanding lurus dengan pilihan," katanya kepada Tribunjatim.com.

Awasi Potensi Money Politic, Bawaslu Jatim Terjunkan 130 Ribu Pengawas untuk Patroli

Sosialisasikan Larangan Merokok Saat Berkendara, Dishub Surabaya Sasar Pengendara di Jalan Darmo

Bahkan, mayoritas masyarakat yang menerima money politic tersebut tetap memberikan pilihan berdasarkan hati nurani, bukan karena pemberian calon.

"Bagi pemilih yang menerima money politic tapi tetap memilih berdasarkan hati mencapai 66 persen," katanya kepada Tribunjatim.com.

VIRAL Bayi Berkepala Dua Meninggal di Usia 3 Hari, Ayah Ungkap Kondisi Tubuh Ibu Saat Hamil & Pasrah

Hanya 16,67 persen responden yang menyatakan menerima pemberian uang dan pasti memilih sang calon yang memberi. Sedangkan 15 persen menerima pemberian calon, namun pasti tidak memilih si pembeli.

Halaman
123
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved