Gelar Operasi Pasar di Surabaya, Kini Harfga Bawang Merah dan Bawang Putih Turun sampai Rp 24 Ribu

Kementerian Pertanian (Kementan) kembali menggelar kegiatan serupa di Pasar Mangga Dua, Surabaya, Kemarin, Selasa malam (9/4/2019).

Gelar Operasi Pasar di Surabaya, Kini Harfga Bawang Merah dan Bawang Putih Turun sampai Rp 24 Ribu
Tribunjatim.com/Fikri Firmansyah
Operi pasar bawang merah dan bawang putih di surabaya untuk tekan harga 

Laporan wartawan Tribunjatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sukses melaksanakan operasi pasar di wilayah Surabaya, terutama untuk melakukan operasi pasar terhadap bawang merah dan bawang putih.

Kementerian Pertanian (Kementan)  kembali menggelar kegiatan serupa di Pasar Mangga Dua, Surabaya, Kemarin, Selasa malam (9/4/2019).

Alhasil, dengan adanya operasi pasar hari kedua ini menyebabkan harga bawang merah mengalami penurunan hingga Rp 24 ribu per kg

"Malam ini kita melakukan operasi pasar bawang merah dan bawang putih bekerja sama dengan swasta. Bawang putih saat ini per kg menyentuh harga Rp 45 ribu per kilogram.

Di Pasar Mangga Dua ini kami melakukan operasi pasar bawang putih dengan harga Rp 18 ribu sebanyak 16 ton, sementara bawang merah Rp 23 ribu per kikogram sebanyak 7 ton," demikian dikemukakan Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hortikultura, Kementan. Yasid Taufik.

Di pasar saat ini, kata Yasid, bawang putih mencapai Rp 40 ribu sementara bawang merah Rp 31 ribu. Di hari kedua operasi pasar, harga bawang merah turun hingga Rp 24 ribu per kg, sehingga ini merupakan keberhasilan pemerintah dan membuktikan sebetulnya bawang merah saat ini mencukupi.

Tekan Harga Bawang Merah, Direktorat Jenderal Hortikultura Gelar Operasi Pasar di Surabaya

Prabowo Akan Batalkan Beberapa Pembangunan Infrastruktur Jokowi Jika Terpilih di Pilpres 2019 Nanti

Ternyata Contoh Soal UTBK SBMPTN 2019 Sudah dapat Diunduh Melalui Link Berikut, Buruan Download!

"Kita memobilisasi pelaku usaha yang peduli terhadap kepentingan petani dan konsumen untuk menstabilkan harga. Termasuk bawang putih yang tadinya Rp 40 ribu per kilogran lalu kita operasi pasar seharga Rp 18 ribu per kilogram," jelas Yasid.

Terlaksananya operasi pasar ini, lanjut Yasid, tren harga bawang mengalami penurunan dalam waktu singkat. Operasi pasar ini akan terus dilakukan ke depan baik itu Jakarta atau Surabaya hingga harga kembali stabil.

"Banyak pelaku usaha yang mau peduli untuk kepentingan konsumen maupun petani. Terlaksananya operasi pasar ini menunjukan sumbangsih bagi masyarakat konsumen maupun petani bahwa pemerintah menjamin pasokan dan harga stabil," ucapnya kepada Tribunjatim.com.

Halaman
123
Penulis: Fikri Firmansyah
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved