Pagi ini Presiden Jokowi Resmikan Tol Pasuruan Probolinggo Grati - Leces

Pengerjaan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) seksi I - III akhirnya selesai.

Pagi ini Presiden Jokowi Resmikan Tol Pasuruan Probolinggo Grati - Leces
(Surya/Galih Lintartika)
KOMPAK : PPK Tol Paspro Agus Minarno, Project Manager Tol Paspro Sutriman saat mengecek kesiapan Tol Paspro jelang difungsionalkan. 

TRIBUNJATIM.COM, PROBOLINGGO - Pengerjaan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Pasuruan - Probolinggo (Paspro) seksi I - III akhirnya selesai.

Hari ini, Rabu (9/4/2019), bertempat di gerbang tol Probolinggo Timur, Presiden Joko Widodo meresmikan langsung tol Paspro sepanjang 31,3 kilometer tersebut dengan investasi Rp 4,6 trilliun.

Melalui peresmian yang dilakukan bersama Menteri PUPR-RI Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Presiden Jokowi memastikan tol Paspro bisa mulai dioperasikan.

Tol Paspro 31,30 Kilometer (Km) pembangunanya ada tiga sesi, yakni sesi satu, dua dan tiga. Untuk sesi satu, melewati Grati - Nguling sepanjang 8 km.

Sesi dua, perbatasan Nguling, Pasuruan - Sumberasih, Probolinggo sepanjang 6 Km, dan Sumberasih - Leces sepanjang 17,30 km.

Tol ini dibangun di atas lahan sekitar 271 hektar dan atau sekitar 3000 bidang. Ada tiga simpang susun di tol Paspro ini. Yakni simpang susun Tongas, simpang susun Probolinggo Barat, Simpang Susun Leces.

Kronologi Audrey Dikeroyok dan Dianiaya 12 Pelaku Siswi SMA di Pontianak Diungkap Polisi

Imbang Leg 1, Irfan Jaya Optimis Timnya Bisa Bangkit Saat Main di Malang

Jokowi di Probolinggo, Samawi Kembali Gelar Bazar Murah di Pasuruan Untuk Kuatkan Suara

"Kalau kita lihat Jakarta dari Cawang sampai Probolinggo 840 kilometer sudah tembus. Kalau dimulai ujung barat Jawa, dari Merak sampai Probolinggo sudah tembus 926 kilometer," kata Presiden Jokowi.

Jika tol trans Jawa sudah tembus sampai Banyuwangi dikatakan Presiden Jokowi akan tembus 1148 kilometer. Sedangkan saat ini kurang 186 kilometer.

"Merak sampai Banyuwangi 1148 kilometer. Berarti kurang 186 kilometer. Insyaallah tembusnya nanti tahun 2021," kata Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, dengan tembusnya jalan tol Pasuruan Probolinggo dan trans Jawa nantinya, Jokowi berharap agar terjadi mobilitas orang, dan mobilitas barang dan mobilitas logistik bisa lebih cepat.

Halaman
12
Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved